Skripsi
PENERAPAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING AND TRANSFERING) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 LHOKSUKO
XMLABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep
siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui penerapan strategi
REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelarajan matematika
secara konvensional pada materi operasi hitung pecahan aljabar. Kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa selama ini masih rendah, hal ini dapat dilihat
dari kebiasaan guru menjelaskan materi, memberikan contoh dan penyelesaian
soal berdasarkan pemikirannya sendiri, sehingga kesempatan siswa untuk berpikir
mengenai ide-ide lain yang muncul dari siswa itu sendiri sangat kurang dan
kegiatan pembelajaranpun dirasakan kurang bermakna bagi siswa. Adapun salah
satu strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa adalah strategi REACT. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data yang diperoleh berupa tes diuji
secara statistik. Adapun untuk memperoleh data langsung dari lapangan, maka
peneliti melakukan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lhoksukon, sedangkan yang
menjadi sampel adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen, VIII-2 sebagai
kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil tes dari
kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homegen dan normal,
sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kelas
eksperimen dilakukan dengan menggunakan strategi REACT dan kelas kontrol
dilakukan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian
diperoleh
= 2,307 sedangkan nilai
= 1,684 dengan demikian
>
, yaitu 2,307 > 1,684 dengan = 5% yang berarti tolak
dan
terima
, yang membuktikan bahwa “Kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa SMP Negeri 7 Lhoksukon melalui penerapan pembelajaran
strategi REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran
matematika secara konvensional”.
Detail Information
Penulis |
MARIANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207565 |
Edition |
Publish
|
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition |
Publish
|
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|