PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 1 TANAH PASIR

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 1 TANAH PASIR

XML

ABSTRAK
Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam belajar matematika
masih kurang. Hal ini disebabkan kurang tertariknya siswa terhadap pembelajaran
matematika di kelas, dan siswa merasa bosan hanya mendengarkan dan mencatat
penjelasan dari guru karena disebabkan metode pembelajaran yang kurang
efektif. Untuk itu, salah satu usaha guru dalam menggunakan strategi belajar
mengajar adalah menggunakan model pembelajaran yang sesuai, yang dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan memberi
semangat siswa dalam mengembangkan pemahamannya. Salah satu model
tersebut adalah pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa yang
memperoleh pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran Student
Facilitator and Explaining lebih baik dari pada siswa yang memperoleh
pembelajaran matematika secara konvensional di SMPN 1 Tanah Pasir. Dalam
penelitian ini menggunakan paduan kuantitatif. Data yang diperoleh diuji secara
statistik. Adapun untuk memperoleh datanya maka harus dilakukan tes. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tanah Pasir
yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik
acak (Random Sampling), yang menjadi sampel yaitu kelas IX4 sebagai kelas
eksperimen dan IX3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas
diperoleh Fhitung  Ftabel yaitu 1,04 1,98 sehingga dapat disimpulkan bahwa
kedua data tersebut homogen. Sedangkan uji normalitas data dari nilai gain kelas
eksperimen dan kelas kontrol dari hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh
bahwa data berdistribusi normal, sehingga untuk pengujian hipotesis hasil data
dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan   0,05
denga dk  48 diperoleh  2,12 hitung t dan 1,679 tabel t Maka berdasarkan kriteria
pengujian hipotesis tolak 0 H , yaitu hitung tabel t  t dan diperoleh hasil 2,12 1,679 ;
sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman
konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui
penerapan pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik dari pada
siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional di SMPN
1 Tanah Pasir.


Detail Information

Penulis
SURIANI M - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207642
Edition
Publish
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Publish
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail