Skripsi
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 7 Lhokseumawe
XMLABSTRAK
Pentingnya kemampuan komunikasi matematika siswa karena siswa harus mampu
menafsirkan gagasan matematika secara lisan, tulisan, gambar, simbol, tabel dan
diagram. Salah satu usaha yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan
Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Games Tornament terhadap kemampuan komunikasi
matematika siswa SMP. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode
penelitian Kuantitatif dimana data yang peneliti peroleh dengan diuji secara
statistik. Adapun untuk memperoleh data langsung dari lapangan,
maka peneliti melakukan tes. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lhokseumawe,
dengan mengunakan teknik Random Sampling Class di peroleh dua kelas sampel
yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen yang akan diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan
kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan tanpa menggunakan metode
TGT. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas data hasil tes dari kedua
kelas tersebut diperoleh bahwa kedua kelompok data mempunyai tingkat kognitif
yang sama dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak
kanan. Hasil penelitian diperoleh thitung = 3,77 sedangkan nilai ttabel = 1,68 dengan
demikian hitung tabel t > t , yaitu 3,77 > 1,68 dengan α = 5% yang berarti tolak Ho
dan terima Ha yang membuktikan bahwa “ada pengaruh kemampuan komunikasi
matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Team Games Tournament pada materi Koordinat Kartesius di SMP Negeri 7
Lhokseuemwe”.
Detail Information
Penulis |
Nurafifah - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|