PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VII DI SMPN 2 SIMPANG ULIM

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VII DI SMPN 2 SIMPANG ULIM

XML

ABSTRAK
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa disebabkan strategi pembelajaran yang selama ini diterapkan di kelas masih bersifat konvensional, guru tidak menjadikan berpikir kreatif matematis sebagai tujuan dari pembelajaran dan hanya membiasakan siswa mengerjakan latihan rutin, sehingga berpikir kreatif matematis dipandang atau dirasakan sukar oleh siswa. Akibatnya, berpikir kreatif matematis siswa dalam belajar matematika rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, guru matematika perlu memilih strategi pembelajaran yang tepat, salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Strategi PBL berkaitan dengan aktivitas pencarian pengetahuan atau pembelajaran yang memberikan masalah sebagai awal pembelajaran untuk mendapatkan ilmu yang baru serta melibatkan siswa dalam penyelesaiannya. Maka pembelajaran ini membantu peserta didik untuk memproses informasi yang sudah jadi dalam benaknya dan menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial dan sekitarnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data langsung dari lapangan, maka peneliti melakukan tes yang terdiri dari pretest dan postest berupa soal essay, tes tersebut bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Ulim lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Simpang Ulim dan sampel yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh dua kelas sampel, yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas, diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh ????ℎ????????????????????= 1,83 dan ????????????????????????= 1,68, dengan demikian ????ℎ????????????????????>???????????????????????? yaitu 1,83 > 1,68 membuktikan bahwa Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui strategi pembelajaran problem based learning (PBL) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Simpang Ulim kelas VII pada materi aljabar.


Detail Information

Penulis
RATNA DEWI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207574
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail