PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 10 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 10 LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan pembelajaran Gruop
Investigasion dapat meningkatkan kemampuan koneksi siswa kelas VIII pada
materi aljabar di SMP N 10 Lhokseumawe. Harus diakui kemampuan koneksi
matematis siswa masih rendah, karena siswa kurang memahami dan belum
mampu mengkaitkan antara materi pembelajaran dengan masalah situasi dunia
nyata dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang
dimilikinya, serta pemahaman siswa tentang koneksi antar konsep atau ide-ide
matematika. Siswa tidak berani untuk mengeluarkan ide-ide dan gagasannya
sehingga kemampuan koneksi matematis siswa patut diperhatikan. Untuk itu
dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan melaksanakan
proses belajar mengajar agar memudahkan persoalan yang terjadi secara tepat.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dimana data
yang diuji secara statistik. Adapun untuk memperoleh data dilakukan tes yang
bertujuan untuk melihat kemampuan koneksi matematis siswa pada materi
Aljabar di kelas VIII SMP N 10 Lhokseumawe. Populasi adalah seluruh kelas
VIII yang berjumlah 63 siswa, terdiri dari kelas VIII1, VIII2, dan kelas VIII3, yang
menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Uji homogenitas yang dilakukan terhadap tes
awal siswa dengan menggunakan uji F, dan diperoleh kesimpulan varian kelas
homogen. Sedangkan uji normalitas dilakukan terhadap selisih tes akhir dengan
tes awal dengan menggunakan liliefors, dimana hasilnya memperihatkan bahwa
kedua kelas berdistribusi normal. Teknik analisis data yang digunakan dengan ujit
yaitu diperoleh thitung = 2,83 dan = 1,68, pada taraf signifikan 0,05.
Berdasarkan pembuktian hipotesis Ho ditolak karena > yaitu 2,83 >
1,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Group
Investigation Dapat Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas
VIII SMP N 10 Lhokseumawe pada materi Aljabar.


Detail Information

Penulis
ZAINABON - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207641
Edition
Publish
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Publish
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail