Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 TANAH PASIR
XMLABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Tanah Pasir. Rendahnya kemampuan
pemecahan masalah matematis disebabkan oleh beberapa hal diantaranya: siswa
tidak dapat memahami masalah dengan benar, siswa tidak dapat menyusun
rencana penyelesaian suatu masalah dan siswa tidak bisa menyelesaikan masalah
sesuai rencana. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang
dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam mencari dan membangun
pengetahuaanya sendiri. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat
menjawab tantangan tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL). Pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) memberikan kesempatan kepada siswa berperan aktif dalam mempelajari,
mencari, dan menemukan sendiri pengetahuannya. Dalam Penelitian ini, peneliti
menggunakan pendekatan Penelitian kuantitatif dimana data yang peneliti peroleh
diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Tanah Pasir Dengan menggunakan teknik random sampling class
(acak kelas), sehingga yang menjadi sampel yaitu kelas VII-1 sebanyak 23 siswa
sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,11 < 2,02
sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki tingkat kemampuan
yang sama. Hasil uji normalitas kelas eksperimen diperoleh L0 < Ltabel yaitu
0,1023 < 0,1798 dan untuk kelas kontrol 0,1230 < 0,1798 maka dapat
disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. sehingga untuk
pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan =
0,05 dan dk = 44 . Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 2,2 > 1,6814 maka H
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada
pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah
Detail Information
Penulis |
Erna Dewi - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207605 |
Edition |
Publish
|
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition |
Publish
|
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|