Skripsi
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE QIRA’ATI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN YANG BAIK DAN BENAR (Studi Kasus Di Dayah Ruhul Islam Gampong Rayek Kuta Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara)
XMLJudul Penelitian ini adalah“Efektivitas Penggunaan Metode Qira’ati Terhadap
Kemampuan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar (Studi Kasus di Dayah
Ruhul Islam Gampong Rayek Kuta Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara). Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Qira’ati di Dayah Ruhul
Islam, Apakah Metode Qira’ati efektif dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an di Dayah Ruhul Islam, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan Metode Qira’ati di di Dayah Ruhul Islam. Adapun
tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran AlQur’an
dengan menggunakan Metode Qira’ati di Di Dayah Ruhul Islam dan
Untuk mengetahui efektifitas Metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an di Dayah Ruhul Islam serta Untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat pelaksanaan Metode Qira’ati di di Dayah Ruhul
Islam. Adapun jenis penelitian yang penulis buat adalah penelitian lapangan (field
research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, serta dokumentasi. Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa proses
pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan Metode qira’ati pada
santri Dayah Ruhul Islam adalah sebelum pelaksanaan pembelajaran metode
Qira’ati ini diterapkan yang dilakukan oleh para guru yaitu menyiapkan alat
peraga, kartu absensi serta membaca do’a ketika akan memulai pembelajaran.
Pelaksanaannya bagi yang sudah Al-Qur’an dimulai jam 07.00-08.30
malam, sedangkan yang masih kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an,
pembelajaran dimulai jam 07.30-09.30 malam. Efektifitas Metode qira’ati dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Dayah Ruhul Islam, setelah
diterapkannya Metode Qira’ati hasilnya cukup memuaskan. Hal tersebut dapat
dilihat dari kemampuan santri membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Faktor pendukung dan penghambat dalam
melaksanakan baca tulis Al-Qur’an adalah, faktor pendukung: setiap guru
yang mengajar sudah ditashih terlebih dahulu, siswa yang masuk tepat waktu,
siswa aktif dan rajin, menggunakan sarana dan prasarana yakni tersedianya alat
peraga. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu masih ada guru dan siswa yang
terlambat, keterbatasan waktu, kurangnya jumlah peraga gharib. Kesimpulannya
yaitu penggunaan Metode Qira’ati sangat efektif terhadap kemampuan membaca
Al-Qur’an yang baik dan benar pada santri di Dayah Ruhul Islam.