Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI MEDIA BALOK DI TK BINA TADIKA KOTA LHOKSEUMAWE
XMLHasil belajar pada pengembangan kognitif anak dalam keterampilan motorik kasar
masih dibawah standar keberhasilan, guru dalam pelajaran terlalu mendominasi
pada ranah kognitif sehingga anak mengalami kecenderungan malas dan diam.
Aspek efektif serta antusias anak dalam mengikuti pembelajaran pada
keterampilan motorik kasar masih kurang berminat, anak lebih banyak bermain,
tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga tidak
adanya stimulus respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan masih perlu
peningkatan, anak-anak masih kurang berani dalam bersikap mandiri baik di
dalam kelas maupun di luar kelas sehingga apa yang dilakukan anak tidak jelas
dan mantap. Hal ini disebabkan oleh metode yang dipilih dan digunakan oleh guru
belum mampu untuk menarik perhatian dan minat anak dalam meningkatkan
keterampilan motorik kasar. Berdasarkan permasalahan inilah peneliti melakukan
satu penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan keterampilan motorik kasar
melalui media balok Di TK Bina Tadika Kota Lhokseumawe” karena menghadapi
masalah tentang nilai kognitif pada peserta didik di TK Bina Tadika Kota
Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimanakahmeningkatkan keterampilan motorik kasar melalui media balok di
TK Bina Tadika Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang bertujuan untuk meningkatkan
pengembangan kognitif anak pada keterampilan motorik kasaranak TK Bina
Tadika Kota Lhokseumawe. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media balokefektif digunakan
pada pengembangan kognitif pada keterampilan motorik kasar di TK Bina Tadika,
hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan peserta didik
terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu, mendengarkan pendapat
orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan
mengemukakan pendapat, yaitu, dapat dilihat dari adanyapeningkatan hasil
belajar anak didik yang mana pada pra siklus penelitian di ketahui anakdidik yang
mencapai standar penilaian berkembang sangat baik hanya ada 3 anak saja dari
semua anak didik yang berjumlah 15 anak didik. Kemudian pada siklus 1 anak
yang memiliki peningkatan bertambah menjadi 8 anak yaitu 53,33 % dan pada
siklus II bertambah lagi menjadi 14 anak didik atau 93,33 % anak didik
telah mencapai standar penilain yang telah di tetapkan.
Detail Information
Penulis |
YULIANA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509205 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|