UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL MACAM MACAM AIR WUDHU MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK B TK ZAHRATUL JANNAH BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL MACAM MACAM AIR WUDHU MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA KELOMPOK B TK ZAHRATUL JANNAH BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Kemampuan anak dalam mengenal macam-macam air wudhu melalui metode
picture and picture diTK Zahratul Jannah Banda Sakti Kota Lhokseumawe masih
belum optimal dan masih perlu peningkatan, mampu untuk menyebutkan satu
persatu, siswa juga tidak mampu membedakan antara air susu dan air mutlak. Hal
ini disebabkan oleh metode yang dipilih dan digunakan oleh guru belum optimal
dan mampu untuk menarik minat anak dalam mengenal macam-macam air.
Berdasarkan permasalahan inilah peneliti mengambil judul “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Anak dalam Mengenal Macam-Macam Air Wudhu Melalui Metode
Picture and Picture Pada Kelompok B TK Zahratul Jannah Banda Sakti Kota
Lhokseumawe” karena menghadapi dengan masalah tentang hasil belajar pada
peserta didik di TK Zahratul Jannah Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Role Playing terdapat
pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mengenal macammacam
air di TK Zahratul Jannah Kota Lhokseumawe Tahun Pelajaran
2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mengenal macam-macam air
wudhu bagi siswa. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode Role Playing efektif
digunakan pada peningkatan hasil belajar siswa TK Zahratul Jannah, hal tersebut
terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan peserta didik terlihat
pada rasa ingin tahu, senang, perhatian, ketertarikan, mendengarkan pendapat
orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan dalam bermain peran,
bertanya dan mengemukakan pendapat, hal ini terbukti yaitu melalui hasil test
siswa antara siklus I dan II, hasil test siklus I persentase nilai siswa yaitu 52,67 %,
akan tetapi setelah siklus II, hasil test siswa mengalami peningkatan yaitu
mencapai 95,93 %. Jadi, secara keseluruhan peningkatan kemampuan dalam
mengenal macam-macam air mengalami peningkatan 43% dan peningkatan
tersebut terjadi secara bertahap dari kategori Belum Berkembang dan akhirnya
menjadi Berkembang Sesuai Harapan.


Detail Information

Penulis
ROHAMAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 142108601
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail