PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DI KELAS IV MIN I KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DI KELAS IV MIN I KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya guru dalam mengelola pembelajaran matemtika
yang bermakna sehingga siswa akan memiliki pengalaman belajar yang mengesankan.
Dalam konteks ini penerapan Pendekatan Matematika Realistik menjadi salah satu
alternatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar
matematika materi menghitung keliling seegitiga dan menghitng luas segitiga dengan
menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (class action research). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 1 Kota Lhokseumawe sebanyak 32 orang.
Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah sebagai berikut: Penelitian ini berhasil
atau tuntas apabila ≥ 80% siswa memperoleh skor ≥ KKM. Berikut uraian hasil belajar
siswa dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik : (1) Hasil belajar siswa
meningkat atau tuntas dengan persentase 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan
Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) aktifitas
siswa dalam mengikuti pembelajaran sangat aktif, hal ini terlihat diperoleh persentase hasil
observasi yang terus mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 menutut pengamat I ,
76,47 % sedangkan menurut pengamat II, 79,41 % dan meningkat menjadi 92,64 %
menurut pengamat I , 94,11 % menurut pengamat II. (3) kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran berada pada kategori “sangat baik”. Hal ini juga berdasarkan hasil
observasi yang terus meningkat, dimana perolehan persentase pada pelaksanaan siklus I
menurut pengamat I hanya sebesar 75% dan menurut pengamat II 76,66 % , kemudian
terus mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93,33% menurut pengamat I dan
91,66% menurut pengamat II. Mengacu pada indikator keberhasilan, maka secara
keseluruhan telah tercapai sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar matematika pada
materi menghitung keliling dan luas segitiga dengan menggunakan model pembelajaran
Pendekatan Matematika Realistik ( PMR) ada peningkatan.


Detail Information

Penulis
NIP/NIDN/NIM 142208748
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail