Skripsi
PENGARUH ATRIBUT PRODUK TABUNGAN TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK (Studi Pada Bank Aceh Syariah FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) LHOKSEUMAWE PENGARUH ATRIBUT PRODUK TABUNGAN TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Sampoiniet).
XMLABSTRAK
Atribut produk sangatlah penting untuk dijadikan dasar oleh konsumen dalam
pembelian sebuah produk, sebab untuk melakukan pembelian konsumen akan
bereaksi terhadap produk dengan segala atribut yang melekat didalamnya. Kualitas
atribut produk inilah yang merupakan penilaian menyeluruh atas keunggulan suatu
perusahaan. Atribut produk mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam
menentukan minat nasabah untuk menggunakan jasa dalam hal ini adalah menabung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana atribut produk tabungan
Bank Aceh Syariah KCP Sampoiniet mempengaruhi minat nasabah menabung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris apa saja atribut produk
tabungan secara berpengaruh terhadap minat nasabah menabung di Bank Aceh
Syariah KCP Sampoiniet. Metodologi yang digunakan adalah: (1) penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. (2) objek penelitian adalah atribut produk
tabungan dan minat nasabah menabung. Adapun subjek penelitian adalah nasabah
Bank Aceh Syariah KCP Sampoiniet sebagai unit yang di analisis. Sampel penelitian
sebanyak 43 nasabah dengan menggunakan sample random sampling. (3) metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), dokumentasi. Teknis analisis
data adalah melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas. Hasil penelitian
yang di olah dengan program SPSS versi 22 menunjukkan bahwa atribut produk
tabungan yang di lakukan di Bank Aceh Syariah KCP Sampoiniet telah dilakukan
dengan baik. Kemudian di uji dengan statistik menunjukkan bahwa variabel
independen (atribut produk tabungan) terhadap variabel dependen (minat nasabah
menabung) adalah signifikan. Ini ditunjukkan dengan lebih besarnya thitung dengan
ttabel (2.639> 1.68288). Besarnya pengaruh sebagaimana dinotasikan oleh variabel
minat nasabah menabung dapat dijelaskan oleh variabel atribut produk tabungan
sebesar 14.5% dan sisanya 85.5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
Sedangkan persamaan regresi yang diperoleh adalah Y= 9.111+0.539X.
Detail Information
Penulis |
AGUS ANA TASYA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 131207332 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
EKONOMI SYARIAH
|