PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsS DI MISBAHUL ULUM PALOH

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsS DI MISBAHUL ULUM PALOH

XML

Faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar matematika peserta
didik salah satunya adalah ketidaktepatan penggunaan model pembelajaran yang
digunakan guru di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa selama ini kebanyakan
didominasi guru. Pola pembelajaran seperti ini harus diubah dengan cara
mendidik murid untuk mencari ilmunya sendiri. Guru harus mampu meningkatkan
meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam matematika, salah satu model
pembelajaran yang dapat membantu peserta didik berlatih memecahkan masalah
adalah model pembelajaran berdasarkan masalah. Model ini merupakan
pendekatan pembelajaran yang mengiring peserta didik pada masalah autentik
(nyata) sehingga peserta didik dapat menhusun pengetahuannya sendiri,
menumbuhkembangkan meningkatkan kepercayaan dirinya. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik
dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan
persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Misbahul Ulum Paloh. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan
menggunakan teknik class random sampling. Adapun yang menjadi populasi
adalah seluruh siswa MTs Misbahul Ulum Paloh. Sedangkan yang menjadi
sampel dan penelitian ini adalah kelas VIIIa (kelas eksperimen) dan Kelas VIIIb
(kelas kontrol). Uji homogenitas dilakukan dengan uji F dengan hasil varians
kedua kelas homogen. Sedangkan uji normalitas menggunakan rumus Liliefors
dengan hasil kedua kelas berdistribusi normal. Teknik analisa data yang
digunakan adalah uji t dengan perolehan thitung= 2,3824 dan ttabel= 1,67945. setelah
pengujian hipotesis pada taraf signifikan  =0,05 maka berdasarkan kriteria
pengujian hipotesis tolak Ho, karena thitung>ttabel yaitu 2,3824 > 1,67945 dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa “ada peningkatan hasil belajar matematika
siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada
materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTS Misbahul Ulum
Paloh”.


Detail Information

Penulis
TARMIZI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 112205728
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail