PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 TANAH PASIR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 TANAH PASIR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

XML

Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan yang sangat penting bagi siswa
untuk menjelaskan keterkaitan antar konsep atau algoritma secara luwes, akurat,
efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah dalam rangkaian penalaran logis. Namun selama ini pemahaman konsep terhadap siswa kurang diperhatikan
sehingga pemahaman konsep matematis siswa rendah yang menyebabkan siswa
tidak dapat meluangkan ide-idenya sendiri dan menyelesaikan masalah sesuai
rencana. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat
membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam mencari dan membangun
pengetahuannya sendiri. Salah pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan
pemahaman konsep matematis siswa adalah Pendekatan Contextual Teaching And
Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Tanah Pasir
melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pada Peneliti ini
digunakan pendekatan kuantitatif dimana data diuji secara statistik. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Pasir
yang terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampel adalah kelas X IPA sebagai kelas
eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji
homogenitas dan normalitas data, hasil tess dari keddua kelas tersebut diperoleh
bahwa kedua sampel homogeny dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian hipotesis
yang dilakukan pada taraf signifikan 0,05 dan (dk) = ( + − 2) = (23 + 22 –
2) = 43. 1,68. Hasil penelitian maka diperoleh nilai = 2,33 serta =
t(0,05)(43) = 1,68 menunjukkan bahwa > yaitu 2,33 > 1,68 maka
berarti terima Ha tolak Ho. Hal ini menunjukkan bahwa “peningkatan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 1 Tanah Pasir yang diajarkan
melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik
dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan
konvensional”.


Detail Information

Penulis
MAULIANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207601
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail