Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsS NISAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya peningkatan
kemampuan komunikasi matematis siswa MTsS Nisam melalui model
pembelajaran koopereatif tipe STAD. Harus diakui bahwa dalam pembelajaran
matematika masih sulit untuk melatih kemampuan mengkomunikasikan
matematika. Salah satu penyebabnya guru masih melakukan pembelajaran secara
konvensional, dimana guru lebih mendominasi seluruh kegiatan pembelajaran
dikelas dan posisi siswa pasif dengan lebih memperhatikan apa yang disampaikan
oleh guru. Akibatnya otak siswa tidak terlatih berfikir untuk menganalisa,
menyimpulkan atau menalar dari informasi yang diberikan oleh guru, sehingga
siswa tidak mampu untuk mengkomunikasikan ide-ide tersebut secara sistematis.
Salah satu model pembelajaran yang dapat menjawab tantangan tersebut adalah
pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data adalah siswa
kelas VIIA sebanyak 18 orang siswa. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini
adalah sebagai berikut: penelitian ini berhasil apabila mencapai ketuntasan
klasikal ≥75% dan kegiatan pembelajaran baik dari sisi guru maupun siswa
berdasarkan hasil observasi berada pada katagori “baik”. Secara keseluruhan hasil
penelitian dengan penerapan pembelajaran STAD menunjukkan bahwa
kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami perubahan yaitu pada tes
akhir siklus II jumlah presentase ketuntasan adalah sebesar 83,33% lebih besar
dari presentase siklus I yaitu 61 ,11% dan presentase siklus II tersebut lebih besar
dari standar ketuntasan yang ditetapkan. Begitu pula dengan hasil observasi siklus
II terhadap peneliti rata-rata 90,72%, sedangkan kegiatan siswa rata-rata 90%, hal
ini lebih besar dari hasil observasi pada siklus I terhadap peneliti rata-rata 75,71%
dan terhadap kegiatan siswa hanya mencapai rat-rata 76,42% dan presentase
siklus II yang diperoleh tersebut lebih besar dari presentase yang diharapkan yaitu
≥80% karena persentase yang diperoleh lebih besar dari pada standar yang
diharapkan maka dapat disimpulakan bahwa siklus II telah berhasil dan tidak
perlu dilanjut kesiklus berikutnya. Sehingga dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis
siswa pada materi persamaan linier satu variabel di MTsS Nisam.
Detail Information
Penulis |
SARA YULIS - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207626 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|