Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 DEWANTARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir
kreatif matematisSiswa SMA Negeri 1 Dewantara melalui Metode Pembelajaran
Brainstorming. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa salah satunya
disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang efektif sehingga siswa mengalami
kesulitan dalam berpikir dan mengembangkan ide dan gagasan yang dimilikinya dalam
memecahkan permasalahan. Dari soal yang diuji kepada siswa menunjukkan bahwa siswa
masih kurang kreatif dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga siswa kurang mampu
mengeluarkan ide atau gagasan dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dimana data yang diperoleh diuji secara statistik. Adapun untuk
memperoleh data dilakukan tes yang bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan
berpikir kreatif matematis siswa SMA Negeri 1 Dewantara pada materi Aturan Sinus dan
Cosinus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1
Dewantara, sedangkan pengambilan sampelnya secara Random Sampling Class, yaitu
pengambilan sampel sedemikian sehingga setiap unsur mempunyai peluang yang sama untuk
dijadikan sampel atau dapat dipilih sebagai objek penelitian, sehingga diperoleh kelas X MIA
1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji
homogenitas dan normalitas data dari hasil tes kedua kelas tersebut diperoleh bahwa kedua
sampel homogen dan normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak
kanan. Kelas eksperimen mendapat perlakuan berupa proses belajar menggunakan Metode
Pembelajaran Brainstorming dan kelas kontrol menggunakan pendekatan Scientific. Hasil
penelitian diperoleh = 3,52 sedangkan nilai = 1,68, dengan demikian >
, yaitu 3,52 > 1,68 denagn α = 5% yang berarti tolak Hoyang membuktikan “ada
peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA Negeri 1 Dewantara pada
materi aturan Sinus dan Cosinus melalui Metode Pembelajaran Brainstorming.”
Detail Information
Penulis |
ROZATUNNUR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207577 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|