PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsS AL-MUSLIMUN LHOKSUKON

Record Detail

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsS AL-MUSLIMUN LHOKSUKON

XML

Matematika sekarang dianggap pelajaran yang paling sulit dipahami oleh para
siswa. Banyak di antara peserta didik yang mempunyai sikap terhadap pelajaran
matematika cenderung negatif. Karena mereka beranggapan belajar matematika
itu membosankan atau tidak menarik. Hal ini ditunjukkan bahwa peserta didik
hanya sebagai pendengar tanpa bertanya dan hanya mencatat apa yang dituliskan
guru dipapan tulis. Kemudian guru hanya menjelaskan contoh yang terdapat di
dalam buku paket dan jarang sekali menggaitkan materi kedalam kehidupan
sehari-hari. Maka dari itu perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang dapat
melibatkan peran siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar,
sehingga proses pembelajaran berlangsung efektif dan tujuan pembelajaran dapat
tercapai. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah Reciprocal Teaching.
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahamankonsem
matematis siswa melalui model pembelajaran Reciprocalteaching di MTsS AlMuslimun
Lhoksukon. Penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dimana
data yang diperoleh diuji secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTsS Al-Muslimun, sedangkan untuk menentukan
sampel dilakukan dengan Random Sampling dengan undian. Sehingga yang
menjadi sampel adalah kelas VIII/A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/B
sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji homogenitas diperoleh  < 



yaitu 1,04 < 1,88. maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel data homogen.
Pengujian normalitas kelas eksperimen dari tabel lilliefors diperoleh Ltabel > L0
yaitu 0,1610 > 0,1209 maka dapat disimpulkan bahwa data tes akhir kelas
eksperimen berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian normalitas kelas kontrol
dari tabel lilliefors diperoleh Ltabel > L0 yaitu 0,1610 > 0,1528 maka dapat
disimpulkan bahwa data tes akhir kelas kontrol berdistribusi normal. Dari kedua
kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh  > 



yaitu 2,3706 > 1,6749 maka tolak H0 dan terima Ha. sehingga dapat disimpulkan
bahwa “Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTsS Al-Muslimun
Lhoksukon menggunakan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching
lebih baik dari pada pembelajaran konvensional”.


Detail Information

Penulis
PUTRI PURDIANI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207561
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail