PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 8 LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 8 LHOKSEUMAWE

XML

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis sisw
a dalam belajar
matematika diakibatkan kurang terkaitnya siswa terh
adap pembelajaran
matematika di kelas, kurag fokusnya siswa terhadap
pembelajaran, serta siswa
yang merasa bosan ketika hanya mendengarkan dan men
catat penjelasan dari guru
karena disebabkan model pembelajaran yang kurang k
reatif. Untuk itu salah satu
usaha guru dalam strategi belajar mengajar adalah m
enggunakan model
pembelajaran yang sesuai, yang dapat meningkatkan k
emampuan pemahaman
konsep matematis siswa serta memberi semangat siswa
dalam mengembangakan
pemahamannya. Salah satu model pembelajaran tersebu
t adalah model
pembelajaran
Creative Problem Solving.
Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan metode kuantitatif dimana data yang pen
eliti peroleh diuji secara
statistik. Adapun untuk memperoleh datanya, maka pe
neliti melakukan tes. Tes
tersebut bertujuan untuk melihat kemampuan pemahama
n konsep matematis
siswa SMP Negeri 8 Lhokseumawe melalui pengaruh mod
el pembelajaran
Creative Problem Solving.
Dalam penelitian yang menjadi populasinya adalah
seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Lhokseumawe.
Yang terdiri dari 4 kelas.
Sedangkan pengambilan sampel dengan menggunakan tek
nik acak (
Random
Sampling
), yang menjadi sampel yaitu kelas VIII
1
sebagai kelas Eksperimen dan
kelas VIII
3
sebagai kelas kontrol. Adapun untuk memperoleh dat
a, peneliti
melakukan tes, berdasarkan hasil uji homogenitas di
peroleh


≤ 

yaitu 1,262

2,16 sehingga dapat disimpulakan bahwa kedua data
tersebut
homogen. Pengujian normalitas dari tabel
Lilliefors
diperoleh data
post-test
kelas
eksperimen
L

<
L

yaitu 0,1002 < 0,1866 maka dapat disimpulkan bahwa
data berdistribusi normal, selanjutnya pengujian no
rmalitas dari tabel
Lilliefor
diperoleh data
post-test
kelas kontrol diperoleh
L

<
L

yaitu 0,0596 < 0,190
maka data dapat disimpulakan bahwa data berdistribu
si normal. Dari kedua kelas
tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua kelas berdis
tribusi normal. Untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Ha
sil penelitian diperoleh
t

>
t

yaitu 2,34 > 1,685 maka tolak
H

dan terima
H

. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
Creative Problem Solving
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
kelas VIII SMP
Negeri 8 Lhokseumawe.


Detail Information

Penulis
NURUL LATIFAH - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207621
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail