Skripsi
PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 5 LHOKSEUMAWE
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pendekatan pembelajaran
Problem Centered Learning (PCL)
terhadap kemampuan komunikasi matematika
siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Dalam penelitian in
i, peneliti menggunakan
pendekatan kuantitatif dimana data yang peneliti pe
roleh diuji secara statistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 5
Lhokseumawe, sedangkan yang menjadi sampel adalah k
elas VII
7
sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII
9
sebagai kelas kontrol. Untuk mengumpulkan data,
peneliti menggunakan soal
pre-test
dan soal
post-test
. Berdasarkan hasil uji
homogenitas, Hasil pengujian homogenitas untuk data
post-test
diperoleh
F
hitung
<
F
tabel
yaitu 1,37 < 1,91, maka dapat disimpukan bahwa dat
a
post-test
juga
homogen. Kemudian dilakukan pengujian normalitas da
ri tabel
lilliefors
diperoleh
data
post-test
kelas eksperimen pada taraf signifikan
= 0,05 dan n = 28
diperoleh
<
yaitu 0,9394 < 0,161 maka dapat disimpulkan bahwa
data
berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian normali
tas dari tabel
lilliefors
diperoleh data
post-test
kelas kontrol pada taraf signifikan
= 0,05 dan n = 29
diperoleh
<
0,9641 < 0,168 maka dapat disimpulkan bahwa data
berdistribusi normal. Dari kedua kelas tersebut dap
at disimpulkan bahwa kedua
kelas berdistribusi normal.Demikian juga pada pengu
jian hipotesis diperoleh
harga
t
hitung
=
1,98
dan
= 1,68
. Setelah pengujian hipotesis pada taraf
signifikansi
05,0
=
α
dan (dk) = 55, maka berdasarkan kriteria penguj
ian
hipotesis tolak
H
0,
karena
tabel
hitung
t
t
>
yaitu 1,98 > 1,68. Dengan demikian maka
dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matema
tis siswa yang
diajarkan dengan pembelajaran
Problem Centered Learning
(PCL)
lebih baih dari
pada pembelajaran secara konvensional pada materi A
ritmatika sosial di kelas VII
SMP Negeri 5 Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
NURMALA SARI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207602 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|