Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction ( ATI ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTsN 6 Aceh Utara
XMLKemampuan p
emahaman konsep
matematis
merupakan
kemampuan yang harus
dimiliki siswa agar siswa dapat menyelesaikan suatu masalah matematis.
Rendahnya
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan karena
guru masih
mendominnasi seluruh
kegiatan pembelajaran dan siswa hanya terfokus pada contoh
-
contoh
yang diberikan oleh guru saja, tanpa adanya ide
-
ide matematis yang muncul
dari siswa itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan suatu kegiatan pembelajaran yang
dapat menuntun siswa dalam meng
konstruksi ide
-
idenya melalui berbagai model
untuk melatih dan mengembangkan pemahaman konsep matematika. Salah satu
model yang dapat menjawab tantangan tersebut adalah
model
pembelajaran
Aptitude
Treatment Interaction
(
ATI
)
.
Tujuan dari p
enelitian ini
ada
lah
untuk
men
getahui
apakah
kemampuan pemahaman konsep matematis
s
iswa MTsN
6 Aceh Utara
lebih
baik
dengan menerapkan
m
odel
p
e
mbelajaran
ATI daripada model pembelajaran
biasa (konvensional).
Dalam penelitian
ini
menggunakan
pendekatan
kua
ntitatif,
p
opulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN
6 Aceh Utara
,
sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VIII
1
sebagai kelas eksperimen yang
diterapkan model pembelajaran ATI dan kelas VIII
3
sebagai kelas kontrol yang
menggunakan model pe
mbelajaran biasa. Berdasarkan hasil uji homogenitas
diperoleh
=
1,19 dan
F
tabel
= 2,00 yang menunjukkan
≤
F
tabel
, yaitu
1,19 < 2,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua
data
homogen. Dari hasil uji
normalitas kelas eksperimen
diperoleh
2
hitung
2
tabel
,
yaitu 9,3766
<
9,488 maka
dapat disimpulkan bahwa data berd
istribusi normal dan hasil uji normalitas kelas
kontrol diperoleh
2
hitung
2
tabel
,
yaitu 5,6459 < 11,070 maka dapat disimpulkan
bahwa data berdistribusi normal, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji
-
t
pihak kanan. Dari hasil pengolahan data dengan taraf signifikan 5% dan derajat
kebebasan (dk) = 45 menu
njukkan
>
,
yaitu
5
,
169
> 1,681 dengan
demikian tolak H
o
dan terima H
a
artinya
kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa MTsN
6 Aceh Utara dengan m
enerap
k
an model pembelajaran
Aptitude
Treatment Interaction
(ATI) lebih baik
daripada model pembelajaran biasa
(konvensional).
Detail Information
Penulis |
Nadia Ramadhan - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207599 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|