Skripsi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE
XMLUpaya peningkatan kualitas pendidikan terus-menerus
dilakukan baik secara
konvensional maupun inovatif. Hal tersebut lebih te
rfokus lagi setelah
diamanatkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah
untuk meningkatkan mutu
pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Untuk kep
entingan tersebut diperlukan
perubahan yang cukup mendasar dalam sistem pendidik
an. Tujuan dalam
penelitian ini dalah untuk mendeskripsikan penerapa
n dengan menggunakan
pendekatan
Saintifik
untuk meningkatkan hasil belajar pada volume kubus
dan
balok kelas V
A
SD Negeri 11 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Dengan
pendekatan ini, guru memberikan pemahaman kepada pe
serta didik dalam
mengenal dan memahami berbagai materi menggunakan p
endekatan ilmiah,
bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan
saja dan tidak bergantung
pada informasi searah dari guru. Penelitian ini men
ggunakan pendekatan kualitatif
dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). D
ata pada penelitian ini
bersumber dari siswa kelas V
A
SD Negeri 11 Muara Dua Kota Lhokseumawe,
guru bidang studi dan tim pengamat. Metode pengumpu
lan data yaitu : observasi,
tes, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 sikl
us. Pada Tindakan I (siklus I)
belum mencapai keberhasilan dikarenakan hanya 44,44
% siswa memperoleh nilai
> KKM sehingga perlu dilakukan Tindakan II (siklus
II ). Pada siklus II siswa
mengalami peningkatan nilai dengan tingkat kelulusa
n mencapai 88,88% > KKM
sehingga tidak perlu dilakukannya siklus ketiga. Ha
sil penelitian yang didapat
antara lain : siswa antusias terlibat secara aktif
dalam membangun pengetahuan
mereka sendiri, siswa merasa senang karena dapat be
kerjasama secara tim,. Dan
juga pendekatan
saintifik
dapat digunakan pada materi volume kubus dan balok
di
kelas V
A
SD Negeri 11 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Dari papar
an data diatas
maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningk
atan terkait kerja siswa
maupun guru yang diakibatkan oleh penggunaan pendek
atan
saintifik
dalam
kegiatan belajar mengajar.
Detail Information
Penulis |
KHATIJAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 142208753 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|