Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 10 LHOKSEUMAWE
XMLPemahamankonsepmatematismerupakanbagianpenting
yang
harusdimilikisiswadalambelajarmatematika,
karenadapatmengembangkancaraberfikir, ketekunan, da
n rasa ingin tau siswa.
Denganpemahamankonsepmatematissiswamampumenuangkan
ide-ide
untukmenyelesaikanpermasalahanmatematika.Tetapipada
kenyataannyapemahama
nkonsepmatematissiswamasihrendah.Rendahnyakemampuan
pemahamankonsepm
atematissiswadikarenakan
guru
masihmenggunakan
mode
l
konvensionaldansiswatidakterbiasamengungkapkan ide/
gagasandalam proses
pembelajaran,
sehinggasiswatidakmampumenyelesaikanpermasalahanter
hadapmateri
yang
telahdipelajari. Olehkarenaitu, diperlukansuatukegi
atanpembelajaran yang
dapatmeningkatkanpemahamankonsepmatematissiswa.Adap
un
model
pembelajaran
yang
dapatdigunakansebagaipendukungterhadappemahamankons
epmatematisyaitusalah
satunyadengan
model
pembelajaran
learning
cycle
.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyapengaru
h
model
pembelajaran
learning
cycle
padamaterihimpunan.Dalampenelitianini,
penelitimenggunakanpedekatankuantitatif
di
mana
dat
a
yang
diperolehdiujisecarastatistik.Populasidalampeneliti
aniniadalahseluruhsiswakelas
VII SMP Negeri 10 Lhokseumawe, sedangkanpengambilan
sampelsecara
random
samping
diperolehduakelassampel, yaitukelas
sebagai kelas eksperimen yang
dilakukandenganmenggunakan model pembelajaran
learning cycle
dankelas
sebagai kelas kontrol yang dilakukandenganmenggunak
anmetodeekspositori.
Berdasarkanhasilujihomogenitasdannormalitas
data
hasilteskeduakelastersebutdiperolehbahwakeduasampel
homogendan
normal,
sehinggauntukpengujianhipotesisdigunakanuji-t.Hasil
penelitian
dengan
signifikan
05,0
=
α
diperoleh
hitung
t
>
tabel
t
yaitu 2,563 > 1,684 maka tolak H
0
dan
terima H
a
. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “adapengaruh mod
el
pembelajaran
Learning
Cycle
terhadapkemampuanpemahamankonsepmatematissiswakelas
VII SMP
Negeri 10 Lhokseumawe”.
Detail Information
Penulis |
HUSNIAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207616 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|