Skripsi
UPAYA M ENI NGKATAN HASIL BELAJAR KUBUS DAN BALOK MELALUI PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS ( MASTERY LEARNING ) DI KELAS I V A SD NEGERI 13 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya
indikasi
hasil belajar yang rendah
pada
siswa
kelas
I
V
A SD Negeri 13 Banda Sakti
, khususnya pada mata pelajaran
matematika materi
bangun datar persegi dan persegi panjang
. Rumusan masalah
dalam
Penelitia
n ini adalah “
B
agaimana penerapan
pembelajaran
belajar tuntas
( mastery learning)
dapat meningkatkan hasil belajar
pada materi bangun da
tar
persegi dan persegi panjang
pada
siswa
IVA SD Negeri 13 Banda Sakti
tahun
pelajaran 2017/2018?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
dapat
mendiskripsikan proses penerapan pembelajaran
mastery laerning
dalam
meningkatkan
hasil belajarpada materi
sifat
-
sifat
bangun datar persegi dan
persegi panjang
siswa kelas
IVA SD
Negeri 13 Banda Sakti
, tahun pelaja
ran
2017/2018
.
Penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah suatu penelitian
ti
ndakan kelas yang terdiri dari 5 (lima
) tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan
, evaluasi
dan refleksi. Subjek penelitian ini ada
lah siswa
IVA SD
Negeri 13 Banda Sakti
. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah,
observasi, tes dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian
ini
dapat disimpulkan
bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan
dibanding
sebelum tindakan. Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai di
atas KKM (
≥
65) adalah 11 siswa atau 39,
29% dengan
nilai
rata
-
rata kelas
60,34
point
.Pada siklus I siswa
yang mendapat
nilai di atas KKM (
≥
65) adalah 20
siswa
atau 68,76
%
d
engan
nilai
rata
-
rata
kelas
66,90
ponit
, hasil observasi
terhadap
guru,
pengamat I
adalah 76% dan pengamat II 78%. Hasil observasi siswa oleh
pengamat I adalah 76% dan pengamat II 72%.
Sedangkan pada siklus II siswa
yang mendapat nilai di
atas KKM (
≥
65)
sudah menc
apai 28 siswa
dari 29 siswa
at
au 96,55% dengan
nilai
rata
-
rata
kelas
81,38
point
.
Hasil observasi guru pada
siklus II oleh pengamat I adalah 82% dan pengamat II 84%, hasil observasi
siswa
oleh pengamat I adalah 80%dan pengamat II 84%.
Dengan demikian
dapat
disimpulkan
bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan
menerapkan
mastery
learning
d
apat meningkatkan
hasil belajar
siswa pada materi bangun datar p
ersegi
dan persegi panjang di
kelas
IVA SD Negeri 13 Banda Sakti
semester ganjil
2017/2018
.
Detail Information
Penulis |
HASRIDANI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 1422087 61 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|