Skripsi
PENERAPAN SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP N 1 DEWANTARA
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penin
gkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan mo
del pembelajaran
Self
regulated learning
lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan m
etode
pembelajaran Ekspositori. Rendahnya kemampuan pemec
ahan masalah matematis
siswa dalam belajar matematika disebabkan karena me
tode pembelajaran yang
kurang efektif sehingga siswa mengalami kesulitan d
alam mengembangkan ide-
ide dalam memecahkan masalah. Untuk itu, salah satu
usaha untuk dapat
mengembangkan gagasan-gagasan baru dan dapat memeca
hkan masalah tersebut
dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat
, yaitu strategi
pembelajaran
Self regulated learning
. Dalam penelitian ini digunakan
pendekatan kuantitatif dimana data jenis eksperimen
diuji secara statistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 1
Dewantara yang terdiri 4 kelas sedangkan untuk mene
ntukan sampel dilakukan
dengan random sampling (acak kelas), sehingga yang
menjadi sampel adalah
kelas VII
5
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII
7
sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas da
ta hasil tes dari kedua kelas
tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan n
ormal, sehingga untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Be
rdasarkan hasil data setelah
dilakukan uji t dapat diperoleh
>
yaitu 9,75 > 1,68, maka tolak H
o
dan terima H
a.
sehingga dapat disimpulkan bahwa “ Peningkatan kem
ampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan mo
del pembelajaran
Self
Regulated Learning
lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan m
etode
pembelajaran Ekspositori ”.
Detail Information
Penulis |
Fitri Yani - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207591 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|