Skripsi
PENERAPAN SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP N 1 DEWANTARA
XML
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penin
gkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan mo
del pembelajaran
Self
regulated learning
lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan m
etode
pembelajaran Ekspositori. Rendahnya kemampuan pemec
ahan masalah matematis
siswa dalam belajar matematika disebabkan karena me
tode pembelajaran yang
kurang efektif sehingga siswa mengalami kesulitan d
alam mengembangkan ide-
ide dalam memecahkan masalah. Untuk itu, salah satu
usaha untuk dapat
mengembangkan gagasan-gagasan baru dan dapat memeca
hkan masalah tersebut
dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat
, yaitu strategi
pembelajaran
Self regulated learning
. Dalam penelitian ini digunakan
pendekatan kuantitatif dimana data jenis eksperimen
diuji secara statistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 1
Dewantara yang terdiri 4 kelas sedangkan untuk mene
ntukan sampel dilakukan
dengan random sampling (acak kelas), sehingga yang
menjadi sampel adalah
kelas VII
5
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII
7
sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil uji homogenitas dan normalitas da
ta hasil tes dari kedua kelas
tersebut diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan n
ormal, sehingga untuk
pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Be
rdasarkan hasil data setelah
dilakukan uji t dapat diperoleh
>
yaitu 9,75 > 1,68, maka tolak H
o
dan terima H
a.
sehingga dapat disimpulkan bahwa “ Peningkatan kem
ampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan mo
del pembelajaran
Self
Regulated Learning
lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan m
etode
pembelajaran Ekspositori ”.
Detail Information
Penulis |
Fitri Yani - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207591 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|