PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LHOKSEUMAWE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Record Detail

Skripsi

PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LHOKSEUMAWE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

XML

Pembelajaran matematika di sekolah dipandang sebaga
i mata pelajaran yang
kurang tertarik oleh siswa di kelas. Hal ini diseba
bkan oleh metode pembelajaran
yang kurang efektif yang mana siswa hanya mendengar
kan penjelasan materi dari
guru kemudian mencatatnya, sehingga siswa merasa bo
san dan tidak berminat
untuk belajar dan berakibat pada rendahnya hasil be
lajar siswa. Untuk mengatasi
masalah tersebut maka perlu menerapkan model pembel
ajaran yang tepat, salah
satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kem
ampuan hasil belajar
matematika siswa yaitu model pembelajaran
hypnoteaching
. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuam hasil belajar m
atematika siswa melalui
pembelajaran
hypnoteaching
pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII-2 SM
P
Negeri 3 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pe
ndekatan kualitatif dengan
rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber d
ata dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII- 2 SMP Negeri 3 Lhokseumawe
sebanyak 21 orang siswa
beserta guru mata pelajaran matematika yang mengaja
r di kelas tersebut. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pa
da siklus I diperoleh data
sebanyak 15 siswa yang tuntas. Dilihat dari segi ha
sil siklus I nilai siswa yang
tuntas 71,43% meningkat menjadi 85,71% pada siklus
II. Dilihat dari segi proses
siklus I hasil observasi guru mendapat nilai rata-r
ata 76% meningkatkan menjadi
84% pada siklus II. Hasil observasi siswa pada sikl
us I mendapat nilai rata-rata
68% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Dilihat d
ari segi hasil maupun segi
proses kedua hasil tersebut termasuk kedalam katego
ri baik. Berdasarkan hasil tes,
observasi dan wawancara yang dilakukan pada siklus
I sampai siklus II, maka
dapat disimpulkan bahwa ada terjadinya peningkatan
kemampuan hasil belajar
matematis siswa melalui pembelajaran
hypnoteaching
pada siswa SMP Negeri 3
Lhokseumawe kelas VII-2 terhadap materi aritmatika
sosial.


Detail Information

Penulis
FAJRIATI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 132207589
Edition
Language
English
Publisher FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
TMA

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail