Jurnal
PENDIDIK DAN PENGEMBANGAN PROFESI
XMLAbstrak
Tulisan ini ingin menjabarkan tentang pendidik sebagai tokoh sentral
dalam dunia pendidikan, bekerja tanpa kenal lelah membangun dunia
pendidikan menjadi lebih profesional dan berkualitas. Kinerja
pendidik dapat diukur dengan profesi mereka, karena menjalankan
profesi tidak mudah sebab profesi adalah pekerjaan yang dilakukan
dengan keahlian sesuai dengan disiplin ilmu yang ada pada seseorang.
Bagaimana dikatakan seorang pendidik itu profesional? Pendidik
profesional adalah pendidik yang memiliki kompetensi dan muatanmuatan keilmuan sesuai dengan bidangnya. Banyak faktor yang
mempengaruhi profesi pendidik, terutama faktor lingkungan. Faktor
lingkungan adalah tempat di mana pengembangan itu dilakukan.
Faktor birokrasi juga menjadi penyebab utama terhambatnya profesi
pendidik, terlalu berbelit-belit dan menghambat proses pengurusan
profesi pendidik. Padahal birokrasi sangat terkait dengan perundangundangan namun kurang mendapat dukungan terhadap
pengembangan profesi pendidik. Kemandirian pendidik adalah
manivestasi bentuk keberanian untuk mewujudkan apa yang telah
menjadi keyakinannya dengan mengedepankan keahlian dan
kemandirian. Pendidik yang mandiri akan menyeimbangkan
kreatifitas dalam bidang pembelajaran agar lebih menarik hal ini
menjadi pendorong meningkatnya kualitas pendidikan. Pengembangan
profesi pendidik saat ini memiliki payung hukum yang kuat seperti
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, namun dalam
pelaksanaannya payung hukum ini tidak menjamin untuk
berkembangnya profesi pendidik secara individu, sebab dalam kontek
individu justru kemampuan untuk mengembangkan diri secara
peribadi menjadi hal ini menjadi hal utama yang dapat memperkuat
profesi pendidik. Pengembangan diri secara persoal sangat penting guna
mengembangkan profesinya sebagai pendidik berkualitas
Detail Information
Penulis |
Syarifah Rahmah - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | at Tafkir : IAIN Langsa., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |