ANALISIS KONSEP-KONSEP DASAR MANAJEMEN BERBASIS AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Record Detail

Jurnal

ANALISIS KONSEP-KONSEP DASAR MANAJEMEN BERBASIS AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

XML

Abstrak
Berdasarkan realita dalam pengelolaan pendidikan Islam masa kini, minimnya kordinasi,
lunturnya komunikasi, rendahnya rasa saling menghargai dalam unit kerja maupun antar
layanan pendidikan, sehingga peneliti sangat tergugah melakukan penelitian ini. Adapun tujuan
penelitian ini untuk mengetahui dan memahami konsep-konsep dasar perencanaan (planning),
pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengontrolan (controlling) dalam
analisis kitab tafsir al-Maraghi dan sejauh mana Relevansi konsep-konsep dasar manajemen
berbasis Al-qur‟an dengan Manajemen Pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kepustakaan atau library research, metode pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi dan maudhu’i. Berdasarkan hasil analisis kitab tafsir Al-Maraghi
diperoleh bahwa konsep manajemen berbasis Al-qur‟an sangat relevan dalam pengelolaan
lembaga Pendidikan Islam, maka diperoleh hasil bahwa pengelolaan lembaga pendidikan
Islam harus selalu menerapkan nilai-nilai Islami (Islamic Worldview) dalam setiap tugas dan
tanggung jawab. Diantaranya: 1) Konsep fleksibelitas, 2) efektif dan efisien, 3) transparansi
dan terbuka, 4) koperatif dan partisipatif, 5) adil jujur dan konsekuwensi, 6) bertanggung
jawab, 7) selektif pada informasi, 8) memberi peringatan, 9) member petunjuk dan
pengarahan, 10) amar ma‟ruf nahi mungkar, 11) menegakkan kebenaran dan keadilan, 12)
amanah. Dengan berpedoman kepada seluruh konsep dan nilai-nilai Islami tersebut, maka kita
akan selamat dunia dan akhirat.


Detail Information

Penulis
ZULKHAIRI - Personal Name
Syarifah Rahmah - Personal Name
NIP/NIDN/NIM
Edition
Language
Indonesia
Publisher PIONIR: Jurnal Pendidikan : UIN Ar-Raniry.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail