Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 5 LHOKSEUMAWE
XMLKemampuan pemahaman konsep matematis adalah
kemampuan seseorang
dalam memahami sesuatu yang diajarkan. Seorang sisw
a dikatakan telah
memahami konsep apabila mereka telah mampu memahami
apa yang
diajarkan oleh gurunya dan juga dapat mengembangkan
sekaligus
menjelaskan kembali dengan bahasa yang berbeda.
Salah satu alternatif
untuk membuat pembelajaran menyenangkan dan kemampu
an pemahaman
konsep matematis menjadi lebih baik yaitu melalui m
odel pembelajaran
picture
and picture
. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaru
h model
pembelajaran
Picture and Picture
Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Penelitia
n ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian i
ni adalah semua siswa kelas
VII SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Sementara sampelnya t
erpilih 2 kelas yaitu
kelas kontrol dan kelas eksperimen, pemilihan sampe
l dilakukan dengan
menggunakan teknik
random sampling class
. Untuk kelas eksperimen diajarkan
dengan pembelajaran
picture and picture
, sedangkan untuk kelas kontrol
diajarkan dengan pembelajaran konvensional yaitu de
ngan metode ekspositori.
Data yang diperoleh dengan memberikan tes awal dan
tes akhir pada kedua kelas
dengan soal yang sama, selanjutnya, data yang dikum
pulkan dianalisis dengan
menggunakan
uji-t
pada taraf signifikan α= 0,05. Sebelum
uji-t
digunakan terlebih
dulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas, deng
an F
hitung
<
F
tabel
(1,27
<
1,84) yang berarti kedua kelas memiliki tingkat kem
ampuan kognitif yang sama.
Selanjutnya pada uji normalitas untuk hasil
post-test
menunjukkan bahwa kelas
eksperimen
2
hitung
<
2
tabel
(9,3433
<
11,070) yang berarti data kelas eksperimen
berdistribusi normal, dan untuk kelas kontrol
2
hitung
<
2
tabel
(3,5814
<
11,070)
yang berarti data kelas kontrol juga berdistribusi
normal. Berdasarkan hasil
pengolahan data ternyata pada taraf signifikan α =
0,05 dengan
=
+
− 2
= 32 + 31 – 2 = 61 diperoleh
t
hitung
>
t
tabel
yaitu 2,016
>
1,67 sehingga
H
0
ditolak dan terima H
a
, yang artinya Ada pengaruh model pembelajaran
picture
and picture
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
SMP
Negeri 5 Lhokseumawe.
Detail Information
Penulis |
AJIRNI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207636 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2017 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
TMA
|