Jurnal
Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
XMLABSTRAK.
Motivasi dan hasil belajar matematika siswadapat ditingkatkan salah satunya dengan mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan nilai-nilai keislaman yang telah dikenal siswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuanuntuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa MTsSRaudhatul Fata dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaranmatematika terintegrasi nilai keislaman. Subjek penelitian adalah 30 orang siswa kelas VII MTsSRaudhatul Fata Lhokseumawe. Teknik Analisis data terdiri dari tahapreduksi data,penyajian data dan menarik kesimpulan. teknik pengumpulan data denganobservasi, angket, wawancara, tes soal dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematikapada pembelajaran matematika terintegrasi nilai keislaman di MTsS RaudhatulFataKota Lhokseumawe mengalami peningkatan dari 83% pada siklus I danmeningkat menjadi menjadi 93 % pada penerapan siklus ke II, pembelajaranmatematika terintegrasi nilai keislaman ini juga sangat meningkatkan motivasibelajar siswa yang di ketahui melalui wawancara dan skor angket pada siklus IIyang menunjukkan bahwa ≥ 75 % siswa mendapatkan ≥ 70, dilihat juga dari hasilobservasi terhadap kegiatan guru pada siklus I, menurut pengamat 1mencapai skor 79 %, menurut pengamat II mencapai skor 85 % dan hasilobservasi terhadap kegiatan siswa pada siklus I menurut pengamat I adalah 88 %dan menurut pengamat II memperoleh skor 89 %. Dan selanjutnya pada siklus II,dilihat dari hasil observasi terhadap kegiatan guru pada siklus IImenurut pengamat 1 mencapai skor 94 %, menurut pengamat II mencapai skor98%.
Detail Information
Penulis | |
---|---|
NIP/NIDN/NIM | |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika : FTIK IAIN Lhokseumawe., 2021 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |