PERANAN PERUSAHAAN JASA ANGKUTAN UMUM BAGI KESEJAHTERAAN SUPIR (Studi Kasus pada Perusahaan CV. Mandala Kota Lhokseumawe)

Record Detail

Skripsi

PERANAN PERUSAHAAN JASA ANGKUTAN UMUM BAGI KESEJAHTERAAN SUPIR (Studi Kasus pada Perusahaan CV. Mandala Kota Lhokseumawe)

XML

Penelitian ini berjudul “Peranan Perusahaan Jasa Angkutan Umum Bagi
Kesejahteraan Supir (Studi Kasus pada Perusahaan CV. Mandala Kota
Lhokseumawe)”. Kesejahteraan supir sangat penting demi ketenangan jiwa dan
pikirannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengemudi angkutan umum,
sebab keselamatan penumpang/barang juga merupakan tanggung jawab
perusahaan, hal utama yang dilakukan adalah memberikan kesejahteraan kepada
supir agar pelayanan para pengguna jasa angkutan umum tersebut dilakukan
dengan baik pula. Peranan perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan supir
sangat penting untuk diterapkan demi keselamatan dan nama baik CV Mandala
Star Tour. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana kesejahteraan supir pada perusahaan CV Mandala Star Tour Kota
Lhokseumawe. Kedua, bagaimana peranan perusahaan CV Mandala Star Tour
Kota Lhokseumawe Terhadap Kesejahteraan supir. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui tentang kesejahteraan karyawan dan peranan yang
dilakukan oleh CV Mandala Star Tour dalam memberikan kesejahteraan tersebut.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari
hasil penelitian bahwa: (1) Kesejahteraan Karyawan pada Perusahaan CV
Mandala Star Tour Kota Lhokseumawe meliputi: Pertama, kesejahteraan supir
dengan memberikan kebebasan untuk beribadah menyembah tuhan pencipta alam,
para supir mendapatkan hak kesejahteraan agamanya dengan baik, tidak ada
paksaan apapun dalam hal tersebut, baik dalam soal penggunaan atribut islam.
Kedua, Kesejahteraan supir dengan memberikan hak terpelihara dari rasa takut,
baik terpelihara fisiknya, jiwa serta akalnya, seperti terjamin keselamatan dan
kesehatannya dengan baik. Bagi supir tetap angkutan umum Mandala Star Tour
memberikan asuransi Astra, karena mengingat pekerjaan supir berhadapan dengan
resiko yang besar dalam keselamatannya. Sedangkan bagi karyawan yang hanya
bekerja di kantor atau di loket tidak diberikannya asuransi mengingat pekerjaan
mereka tidak terlalu beresiko besar. Ketiga, Kesejahteraan supir dengan
memberikan hak terpelihara dari rasa lapar, kesejahteraan batin terpenuhi
walaupun tidak semua keluh kesah karyawan dikabulkan oleh perusahaan. Hak
supir dan karyawan dalam bentuk gaji, tunjangan dan finansial lainnya tidak
terkendala apa-apa. (2) peranan perusahaan CV Mandala Star Tour Kota
Lhokseumawe Terhadap Kesejahteraan karyawannya. Pertama, Langkah awal
yang dilakukan perusahaan adalah memperjalas aturan perusahaan baik berupa
gaji atau lainnya, ini dilakukan demi menjaga kesalah pahaman dikemudian hari.
Langkah ini adalah cara yang tepat bagi sebuah perusahaan dan pekerja, kejelasan
aturan dan gaji adalah ketentuan yang wajib bagi setiap perusahaan. Kedua, merealisasikan segala aturan dan kesepakatan yang telah disepakati bersama
antara pihak perusahaan dengan karyawan semaksimal mungkin.


Detail Information

Penulis
M. RIZAL - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 141208026
Edition
Language
Indonesia
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail