Skripsi
MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK METODE DEMONSTRASI DI PAUD ALIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI DEMONSTRASI PADA MATERI MENGENAL WARNA DI PAUD ALIF KOTA LHOKSEUMAWE
XMLHasil belajar pada pengembangan kognitif anak dalam mengenal warna masih
dibawah standar ketuntasan, guru dalam pelajaran terlalu mendominasi pada ranah
kognitif sehingga anak mengalami kecenderungan malas dan diam. Aspek efektif
serta antusias anak dalam mengikuti pembelajaran pada materi mengenal warna
masih kurang berminat, anak lebih banyak bermain, tidak serius, kurangnya
perhatian dan bahkan bermain sendiri sehingga tidak adanya stimulus respon
ketika pelajaran berlangsung di kelas dan masih perlu peningkatan, anak-anak
masih kurang berani dalam bersikap mandiri baik di dalam kelas maupun di luar
kelas sehingga apa yang dilakukan anak tidak jelas dan mantap. Hal ini
disebabkan oleh metode yang dipilih dan digunakan oleh guru belum mampu
untuk menarik perhatian dan minat anak dalam meningkatkan kemampuan
mengenal warna. Berdasarkan permasalahan inilah peneliti melakukan satu
penelitian dengan judul “Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui
Metode Demonstrasi Pada Materi Mengenal Warna Di Paud Alif Kota
Lhokseumawe” karena menghadapi masalah tentang nilai kognitif pada peserta
didik di Paud Alif Kota Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah terjadi peningkatan kognitif anak dalam mengenal warna dengan
menggunakan metode demonstrasi di Paud Alif Kota Lhokseumawe Tahun
Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK
yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan kognitif anak dalam
mengenal warna bagi anak Paud Alif Kota Lhokseumawe. Pengambilan data
dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan,
metode demonstrasi efektif digunakan pada pengembangan kognitif anak dalam
mengenal warna diPaud Alif, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan
motivasi dan keaktifan peserta didik terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa
ingin tahu, mendengarkan pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas,
kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat, yaitu, dapat dilihat dari adanya
peningkatan hasil belajar anak didik yang mana pada pra siklus penelitian di
ketahui anak didik yang mencapai standar penilaian berkembang sangat baik
hanya ada 5 anak saja dari semua anak didik yang berjumlah 15 anak didik.
Kemudian pada siklus 1 anak yang memiliki peningkatan bertambah menjadi 9
anak dan pada siklus II bertambah lagi menjadi 14 anak didik atau 93,33 %
anak didik dan telah mencapai standar penilain yang telah di tetapkan.
Detail Information
Penulis |
MARDALISNA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 152509209 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
PIAUD
|