Skripsi
DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK DI DESA TRIENG MU KECAMATAN LHOKSUKON KABUPATEN ACEH UTARA
XMLPembelajaran Online merupakan pembelajaran jarak jauh atau juga bisa disebut belajar
daring rumah yang dilakukan secara online oleh guru dan siswa. Pembelajaran online juga
mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran daring, seperti yang sudah
diterapkan sekarang ini ketika banyak sekolah yang diliburkan karena untuk mencegah
penyebaran Covid-19 dan sudah digantikan dengan pembelajaranyangditerapkandirumah
dengan menggunakan pembelajaran daring (online). Maka penulis melakukan sebuah
penelitian dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana Proses Pembelajaran Online Terhadap
Minat Belajar Anak Di Desa Trieng MU Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara.
2) Bagaimana Dampak Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Anak Di Desa
Trieng MU Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Proses Pembelajaran Online Terhadap Minat
Belajar Anak Di Desa Trieng MU Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. 2)
Untuk Mengetahui Bagaiman Dampak Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar
Anak Di Desa Trieng MU Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif pendekatan penelitian
lapangan (Field Reseach), Subjek penelitian ini adalah anak kelas IV dan orang tua.
Teknis pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan untuk
analisis data menggunakan reduksi data, pengumpulan data dan penarikan
kesimpulan.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya adalah: Dampak
pembelajaran online terhadap minat belajar anak di Desa Trieng Mu Kecamatan
Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara memiliki dampak pada minat anak dalam
pembelajaran karena anak menjadi mudah bosan ketika pembelajaran online/daring terjadi
serta sistem pembelajarannya kurang menarik tidak seperti belajar di kelas dan siswa
merasa bosan karena tidak bisa bertemu dengan teman dan gurunya secara langsung. Hal
ini dikarenakan anak-anak tidak benar-benar memahami bagaimana menggunakan
teknologi mereka masih tidak mengerti sehingga anak-anak tidak terlalu tertarik dalam
pembelajaran online, sambungan jaringan pun tidak terlalu memadai untuk bersadar
secara online dan tidak semua anak memiliki fasilitas dalam bentuk Hendphone/android
menjadi hambatan kedua. Dampak pembelajaran online terhadap minat belajar anak di
Desa Trieng Mu Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara katagori cukup baik
sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Detail Information
Penulis |
Nurul Husna - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162709726 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2021 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371 Nur d
|