Skripsi
PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ONLINE ANAK USIA 7-12 DI GAMPONG BLANG GUNCI KECAMATAN PAYA BAKONG
XMLPeran orang tua merupakan tanggung jawab orang tua untuk mendukung keberhasilan
anaknya terutama dalam hal meningkatkan motivasi belajar anak, orang tua harus mengetahui
cara untuk memotivasi belajar online anak agar orang tua dapat memotivasi anaknya supaya
anak dapat belajar dengan giat dan bersemangat lagi. Rumusan masalahnya bagaimana peran
orang tua dalam memotivasi belajar online anak dan apa hambatan yang dialami orang tua
dalam memotivasi belajar online di Gampong Blang Gunci Kecamatan Paya Bakong.
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar
online anak usia 7-12 tahun dan hambatan apa yang dialami orang tua dalam memotivasi
belajar online. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek penelitian adalah orang tua yang berada di Gampong Blang Gunci
memiliki anak usia 7-12 tahun yang terdiri dari 7 orang. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Peran orangtua dalam memotivasi belajar online anak di Gampong Blang
Gunci yaitu ada berbagai macam peran yang dilakukan oleh orangtua dalam memotivasi
belajar online anak. Ada yang berperan penuh, seperti orang tua selalu fokus dalam
membimbing anak sehingga dapat memantau perkembangan anak, memberikan fasilitas
seperti handphone dan kuota internet, ada juga orang tua memotivasi anak dengan
memberikan nasehat, perhatian, hadiah, dan penghargaan agar anak lebih bersemangat dalam
mengikuti pembelajaran. Ada orang tua yang perannya kurang dikarenakan kurangnya
pemahaman orangtua terhadap pembelajaran anaknya dan kurangnya interaksi antara
orangtua dan anak. Hambatan yang dialami orang tua dalam memotivasi belajar online yaitu
kesibukan orang tua dengan pekerjaan, materi belajar yang terkadang sulit dimengerti,
kekurang media handphoen(Hp) dan kouta internet yang memadai. kesimpulan dari
penelitian ini menunjukan bahwa Peran orang tua sangat dibutuhkan bagi anak untuk
mendorong anak lebih semangat dalam proses belajar karena dengan adanya dorongan itu
anak akan termotivasi dan jiwa anak akan tersentuh karena kasih sayang orang tua kepada
anak yang selalu ada.
Detail Information
Penulis |
IRMA WAHYUNI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162709731 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2021 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
370.15 Irm p
|