PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK NURUL FURQAN

Record Detail

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK NURUL FURQAN

XML

Kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah nilainya masih di bawah
standar ketuntasan, dalam pelajaran metode yang digunakan guru masih belum
begitu terarah dan belum sempurna serta kurang efektif. Aspek afektif serta
antusias anak dalam mengikuti pembelajaran PIAUD kurang berminat, anak lebih
banyak bergurau, tidak serius, kurangnya perhatian dan bahkan bermain sendiri
sehingga tidak adanya stimulus respon ketika pelajaran berlangsung di kelas dan
masih perlu peningkatan, anak kesulitan saat menyebutkan huruf hijaiyah, anak
belum mampu menyebutkan secara teratur, anak tidak mampu membedakan huruf
yang hampir sama bunyinya, sehingga apa yang diucapkan anak tidak jelas dan
mantap. Hal ini disebabkan oleh metode yang dipilih dan digunakan oleh guru
belum mampu untuk menarik minat anak dalam meningkatkan kemampuan
mengenal huruf hijaiyah. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan
penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah
Melalui Media Kartu Bergambar di TK Nurul Furqan” karena menghadapi
masalah tentang nilai kognitif pada peserta didik di TK Nurul Furqan Kota
Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi
peningkatan atau pengaruh terhadap media kartu bergambar pada peningkatan
kemampuan mengenal huruf hijaiyah di TK Nurul Furqan Kota Lhokseumawe
Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
PTK yang bertujuan untuk meningkatkan daya fikir anak dalam kemampuan
melompat bagi anak. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, metode demonstrasi efektif digunakan
pada peningkatan kemampuan motorik kasar anak dalam melompat di TK Nurul
Furqan, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi dan keaktifan
peserta didik terlihat pada, perhatian, ketertarikan, rasa ingin tahu, mendengarkan
pendapat orang lain, antusias dalam mengerjakan tugas, kemauan bertanya dan
mengemukakan pendapat, yaitu, hasil asessmen/penilaian kemampuan mengenal
huruf hijaiyah pada prasiklus adalah belum berkembang hal ini didapat dari skor
rata-rata yang diperoleh yaitu 33,33 % sedangkan pada siklus I pertemuan 2
tingkat nilai anak mendapatkan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 26,66 % yang
berarti mulai berkembang, pada siklus II pada materi mengenal mengenal huruf
hijaiyah sebanyak 13 atau 86,66 % anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2
orang anak atau 13,33 % anak mulai berkembang (BB) dalam kemampuan
mengenal huruf hijaiyah melalui media kartu bergambar.


Detail Information

Penulis
ZURAIDA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 152509210
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PIAUD : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PIAUD

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail