Skripsi
EKSPLORASI KOMUNIKASI DALAM KITAB TA;LIMUL MUTA'ALLIM TERHADAP GURU DAN SISWA DI MTSN 5 ACEH UTARA
XMLPenelitian ini berjudul “Eksplorasi Komunikasi dalam Kitab Ta’limul Muta’allim
terhadap Guru dan Siswa di MTsN 5 Aceh Utara”. Adapun rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah komunikasi guru dan siswa
menurut kitab Ta’limul Muta’allim?, 2) Bagaimana komunikasi guru dengan
siswa di MTsN 5 Aceh Utara?, 3) Apakah komunikasi guru dengan siswa di
MTsN 5 Aceh Utara sesuai dengan anjuran kitab Ta’limul Muta’allim?. Sedangkan tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui komunikasi guru dan
siswa menurut kitab Ta’limul Muta’allim. 2) Untuk mengetahui komunikasi guru
dengan siswa di MTsN 5 Aceh Utara. 3) Untuk mengetahui komunikasi guru
dengan siswa di MTsN 5 Aceh Utara sesuai dengan anjuran kitab Ta’limul
Muta’allim. Metode penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi
lapangan (field study). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data,
Penyajian data dan Penarikan kesimpulan.. Adapun hasil penelitian: 1)
Komunikasi guru dan siswa menurut kitab Ta’limul Muta’allim antara lain yaitu:
a) saat berkomunikasi jangan duduk terlalu dengan dengan guru, b)
berkomunikasi sesuai dengan keperluan, dan c) berkomunikasi secara
bermusyawarah dalam mengatasi masalah. 2) Komunikasi guru dengan siswa di
MTsN 5 Aceh Utara dilakukan dalam dua bentuk yaitu adanya komunikasi kurang
baik yang dilakukan siswa seperti mengolok-golok guru, menegur dan sapa dalam
jarak yang jauh, tidak mau mendengar apa yang guru ungkapkan di dalam kelas,
selalu menyalahkan guru jika adanya mata pelajaran yang tidak disukai, sehingga
komunikasi guru terhadap siswa ikut berubah secara kasar, namun terlepas dari
keadaan siswa tersebut masih banyak siswa yang melakukan komunikasi yang
baik. 3) Komunikasi guru dengan siswa di MTsN 5 Aceh Utara sesuai dengan
anjuran kitab Ta’limul Muta’allim hanya terdapat sebagian kecil komunikasi yang
buruk antara guru dan siswa ketika guru berada di kelas yang tingkat
kenakalannya sangat tinggi, dimana komunikasi secara lemah lembut tiak lagi
dihiraukannya.
Detail Information
Penulis |
Asmaul Husna - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 163109806 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FUAD-KPI : IAIN Lhokseumawe., 2021 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
302.2 Asm e
|