Skripsi
PENGARUH TEKNIK PROBING - PROMPTING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 GEUREUDONG PASE
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh teknik
probing
-
prompting
terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP
Negeri 1
Geureudong Pase
. Harus diakui bahwa rendahnya pemahaman konsep matematis
siswa SMP
disebabkan
karena siswa masih banyak yang belum mampu
menyatakan ulang sebuah konsep
yang dipelajarinya.
U
ntuk
itu, perlu adanya
strategi pembelajaran matematika yang
tepat, salah satunya adalah teknik
probing
-
prompting
. Teknik
probing
-
prompting
dalam pembelajaran ma
tematika
memberi kesempatan siswa untuk mempelajari, mencari dan menemukan sendiri
konsep baru
dengan p
engalaman siswa sendiri
.
Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Geureudong Pase yang terdiri dari
dua kelas paralel,
maka populasi dijadikan sebagai sampel, yaitu VIII
-
1 dan VIII
-
2
dengan cara
random sampling class
. Untuk kelas eksperimen yaitu kelas VIII
-
2
dan untuk kelas kontrol yaitu kelas VIII
-
1.
Data penelitian ini diperoleh dengan
memberikan tes uraian yang terdiri
dari soal
pre
-
test
dan
post
-
test
. Hasil
pengujian homogenitas diperoleh
<
, yaitu 1,04 < 1,90. Maka dapat
disimpulkan kedua data homogen. Pengujian normalitas nilai
p
o
s
t
-
test
kelas
eksperimen diperoleh
= 0,0918. Dengan n = 29
dan taraf signifikan
= 0,05
didapat dari tabel lilliefors
= 0,
1634 yang lebih besar dari
(
>
)
dan pengujian nilai
pos
t
-
test
normalitas kelas kontrol diperoleh
= 0,0958.
Dengan n = 29 dan taraf signifikan
= 0,05 didapat dari tabel lilliefors
=
0,
1634 yang lebih besar dari
(
>
), maka dapat disimpulkan bahwa
kedua data berdistribusi normal. Pengujian hipotesis digunakan uji
-
z
. Berdasarkan
pengujian hipotesis diperoleh
>
yaitu 2,75 > 1,96 sehingga tolak
terima
, maka dapat disimpulkan adanya pengaruh teknik
probing
-
prompting
terhadap pemahaman konsep matematis siswa
SMP
Negeri 1 Geureudong Pase
Detail Information
Penulis |
SITI AISYAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 132207595 |
Edition | |
Language |
English
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2018 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
tma
|