Skripsi
STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN KARAKTER RABBANI PADA SISWA KELAS V DI MIN 1 KOTA LHOKSEUMAWE
XMLPenyebab lunturnya karakter bangsa yaitu karena penanaman karakter yang
kurang kuat dan mudah untuk ditumbangkan serta terpengaruhi oleh karakter yang
tidak baik sehingga muncul perbuatan seperti tidak memiliki sopan santun dan
beragam lainnya. Oleh karena itu, pembinaan karakter rabbani pada siswa harus
dilakukan oleh guru. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
strategi yang digunakan oleh guru, faktor penghambat dan faktor pendukung
dalam pembinaan karakter rabbani pada siswa kelas V MIN 1 Kota
Lhokseumawe. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif
deskriptif dengan pendekatan fiel research, teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang
sudah dilakukan hasilnya adalah: pertama, dalam pembinaan karakter rabbani
guru menggunakan strategi ekspositori, konstektual dan afektif, yang mana
strategi afektif memiiki dua cara dalam pembentukan sikap, yaitu pembiasaan dan
modeling. Kedua, faktor penghambat pembinaan karakter rabbani pada siswa
yaitu tidak ada waktu khusus dalam pembinaan karakter rabbani pada siswa, letak
lingkungan madrasah yang berdekatan dengan jalan dan pasar dan lingkungan
bermain siswa yang tidak baik. Ketiga, faktor pendukung pembinaan karakter
rabbani pada siswa yaitu dengan adanya sarana dan prasarana yang lengkap,
program-program yang telah direncanakan oleh pihak madrasah dalam rangka
pembinaan karakter rabbani pada siswa, kerja sama antar pihak madrasah dan
orang tua yang tetap terjalin serta teman sepergaulan dan lingkungan bermain
siswa yang baik.
Detail Information
Penulis |
CUT WIRDATUL AHYA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 162709704 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-PGMI : IAIN Lhokseumawe., 2021 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
370.114 Cut s
|