PENGARUH PENGGU PEMAHAMAN TAJWID PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV SD JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LHOKSEUMAWE PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP PEMAHAMAN TAJWID PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Skripsi

PENGARUH PENGGU PEMAHAMAN TAJWID PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV SD JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LHOKSEUMAWE PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP PEMAHAMAN TAJWID PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

XML

ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam adalah termasuk salah satu bidang pengetahuan
yang dilaksanakan dalam bentuk pengajaran pada sekolah-sekolah. Salah satunya
pada materi Tajwid yang sering menimbulkan kebosanan dan kesulitan dalam
memahami permasalahan dalam materi tersebut. Maka perlu suatu teknik atau
metode yang bisa memotivasi siswa. Penulis disini memilih untuk meneliti
tentang Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf Terhadap Pemahaman Tajwid
Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits kelas IV karena media kartu merupakan media
visual yaitu sebagai penyampai materi sesuai visual kepada siswa, menarik
perhatian dan minat siswa dalam pembelajaran serta membantu kelancaran,
efektivitas dan efesiensi pencapaian peserta didik sehingga akan menjadi benarbenar
bermakna. dalam hal ini peneliti memilih SD Negeri 12 Banda Sakti Kota
Lhokseumawe sebagai tempat penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan pemahaman belajar siswa pada materi Tajwid mengenai
idzhar dan idgham antara penerapan Media Kartu Huruf dengan Pembelajaran
Konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif.
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV
SD Negeri 12 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dengan 30 siswa/i
sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Media Kartu
Huruf dan kelas IVB
dengan 30 siswa/i juga sebagai kelas kontrol yang diajarkan
dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hasil pengujian homogenitas
diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,06 < 1,85 maka dapat disimpulkan kedua data
homogen. Pengujian normalitas dari tabel Lilliefors diperoleh data kelas
eksperimen  <   yaitu 0,1413 < 0,161 maka dapat disimpulkan bahwa
data berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian normalitas dari tabel Lilliefors
diperoleh data kelas kontrol diperoleh  <   0,1341 < 0,161 maka dapat
disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Untuk pengujian hipotesis
digunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian diperoleh


 >
  yaitu 9,72
> 1,67 maka tolak H0 dan terima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat
pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap pemahaman tajwid pada mata
pelajaran Qur’an Hadits kelas IV SD Negeri 12 Banda Sakti Kota
Lhokseumawe”.


Detail Information

Penulis
ISTI NURUL HUSNA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 122106546
Edition
Language
English
Publisher FTIK-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
PAI

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail