Skripsi
MANAJEMEN RENTAL MOBIL DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN SYARIAH (Studi Kasus Pada PT. Zaliyan Ananda Group Cunda Kota Lhokseumawe)
XMLPraktik rental atau sewa jasa yaitu mobil yang dirental oleh nasabah/pelanggan
untuk keperluan mereka dalam jangka waktu tertentu dengan biaya yang sudah
disepakati akan, tetapi dari hasil observasi penulis terdapat nasabah yang
melanggar perjanjian dalam sewa menyewa mobil terdapat beberapa kasus
diantaranya mobil Inova yang disewa selama 6 hari tidak dikembalikan, ketika
pihak rental menyelidiki mobil tersebut sudah dirusaki oleh warga karena yang
menyewa tersebut mencuri kambing menggunakan mobil rental tersbut, kasus
kedua mobil angkutan L300 yang di sewa oleh nasabah rusak parah akibat
kecelakaan, dan kasus ketiga nasabah sering mengembalikan mobil tersebut
melewati jatah dari kesepakatan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas
terdapat beberapa rumusan masalah yang akan penulis jawab, yaitu:1. Bagaimana
manajemen rental (sewa-menyewa) mobil pada PT. Zaliyan Ananda Group?, 2.
Kendala apa saja yang dihadapi PT. Zaliyan Ananda Group terhadap rental (sewamenyewa) mobil?, 3. Bagaimana manajemen rental mobil berdasarkan
manajemen syariah?. Metode penelitian yangpenulis gunakan dalam penelitian ini
adalah metode penlitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berdasarkan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. 1). Manajemen rental mobil pada PT.
Zaliyan Ananda Group dilakukan berdasarkan tahap manajemen Planning
(Perencanaan) perusahaan, Organizing (Pengorganisasian) perusahaan,
Commanding (Pemberian perintah) perusahaan, Coordinating (Pengkoordinasian)
perusahaan hingga Controlling (Pengawasan). 2) Adapun kendala yang di hadapi
PT. Zaliayan Ananda Group ialah pertama, cacat mobil (tergores, tertabrak) yang
diakibatkan oleh pelanggan maka untuk mengatasinya biaya akan ditanggung oleh
pelanggan. Kedua , mobil dibawa lari/digadaikan ke orang lain, dalam
penyelesaian kasus perkara ini PT. Zaliyan Ananda Group bekerja sama dengan
kepolisian untuk mengatasi masalah dalam hal ini tindak lanjut yang dilakukan
PT. Zaliyan Ananda Group menyerahkannya ke pihak yang berwenang secara
hukum perdata, akan tetapi perusahaan PT. Zaliyan Ananda Group terlebih dahulu
menyelesaikannya secara kekeluargaan dengan mandatangi pihak keluarga yang
bersangkutan, apabila pelanggan tidak mau bertangung jawab, baru pihak
kepolisian yang mengurusnya. 3) Praktek manajeman PT. Zaliyan Ananda Group
berdasarkan manajeman syariah meskipun nama perusahaan tidak menggunakan
syariah yang dilihat dari segi sistem manajemen perusahaan dalam komunikasi
terhadap karyawannya dengan baik sehingga, karyawan bekerja dengan
keikhlasan dan semangat profesionalisme, mereka berkontribusi dalam
pengambilan keputusan, dan taat kepada atasan sepanjang mereka berpihak
pada nilai-nilai syariah. manjerial kepemimpinan yang baik, serta jika terjadi
permasalahan dalam rental mobil maka akan diselesaikan dengan cara
musyawarah terlebih dahulu.
Detail Information
Penulis |
RAHMATULNISAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 161209867 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |