ANALISIS MARKETING UMKM KEPANG DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Usaha Kepang Awai Kana di Desa Simpang Kramat Aceh Utara)

Record Detail

Skripsi

ANALISIS MARKETING UMKM KEPANG DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Usaha Kepang Awai Kana di Desa Simpang Kramat Aceh Utara)

XML

Setiap usaha yang dilakukan tidak terlepas dari strategi yang digunakan untuk
mampu memasarkan produknya hingga berada diberbagai daerah akan produk
tersebut, seperti halnya yang dilakukan oleh UMKM Kepang Awai Kana di
Simpang Kramat. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis
marketing UMKM Kepang Awai Kana di Desa Simpang Kramat Aceh Utara?, 2)
Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap analisis marketing UMKM Kepang
Awai Kana di Desa Simpang Kramat Aceh Utara?. Adapun metode yang penulis
gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan
sumber data primer diperoleh langsung dari diperoleh langsung dari pengusaha
batu bata berupa wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk teknik analisis
data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa 1) Analisis marketing
UMKM Kepang Awai Kana di Desa Simpang Kramat Aceh Utara dilakukan
dengan strtaegi produksi yang digunakan merupakan hasil panen masyarakat
setempat begitu juga dengan manisan yang merupakan hasil buatan masyarakat
yang ada di seputaran UMKM Kepang Awai Kana, selanjutnya strategi harga dan
place yaitu dengan memberikan kualitas produk yang baik digunakan dalam
waktu yang lama, selanjutnya menjaga kebersihan kepang baik dari pemsaran
maupun dalam pembuatan, selanjutnya dari segi harga yang ditetapkan dalam
jumlah yang terjangkau bagi semua kalangan konsumen, selain itu juga
diterapkannya strategi promosi yang dilakukan dengan membagikan blosur
melalui bungkusan kepang itu sendiri namun belum dilakukan melalui media
sosial, selanjutnya diterapkan startegi niat yang baik, serta menjalankan usaha
yang halal dan mengutamakan sportifitas dalam menjalankan usahanya. 2)
Tinjauan ekonomi Islam terhadap marketing UMKM Kepang Awai Kana di Desa
Simpang Kramat Aceh Utara, dalam hal ini UMKM Kepang Awai Kana dalam
memasarkan usahanya sudah sesuai dengan ekonomi islam karena dari segi
pemakaian produk seperti bahan mentah selalu terjaga dari bahan yang tidak baik
atau busuk dan yang paling utama bahan tersebut terhindar dari bahan yang haram
atau bahan-bahan yang membahayakan kesehatan masyarakat, jika dilihat dari
modal UMKM Kepang Awai Kana mengambil pinjaman melalui perbankan
syariah, sehingga sistem yang digunakan adalah bagi hasil bukan bunga, dalam
hal ini diperbolehkan. Selanjutnya dari harga yang diberikan tidaklah memberikan
kezaliman kepada masyarakat untuk membelinya, karena harga yang ditawarkan
sesuai dengan kualitas dan cita rasa kepang itu sendiri. Jikapun ada ditinggikan itu
disebabkan bahan pokok pada saat itu dalam harga yang tinggi sehingga kepang
dijual dalam harga yang tinggi.


Detail Information

Penulis
MAULANA - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 151208753
Edition
Language
Indonesia
Publisher FEBI-EKONOMI SYARIAH : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X6.3 Mau a

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail