Skripsi
ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI MTsS DARUSSA’ADAH COT TAROM
XMLRendahnya pemahaman dalam memahami dan menyerapkan pelajaran
masih kurang yaitu siswa sering menghafal rumus-rumus dan hanya mengikuti
langkah-langkah yang diajarin oleh guru tanpa memahami cara dalam mengubah
soal cerita ke dalam bentuk matematis, siswa juga masih sulit menguasai materi
yang diajarkan sehingga pemahaman matematis masih rendah. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman matematis siswa kelas VIII
MTsS Darussa’adah Cot Tarom pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan tentang keadaan pemahaman matematis siswa di MTsS
Darussa’adah Cot Tarom. Subjek dalam penelitian ini 3 orang siswa kelas VIII
yang mempunyai kemampuan matematika berbeda-beda, yaitu siswa yang
berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan
rendah yang diambil di sekolah MTsS darussa’adah Cot Tarom. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui kecendrungan kemampuan pemahaman matematis
menurut kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang materi
teorema Pythagoras. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman
matematis ketiga subjek dari kelas VIII MTsS Darussa’adah Cot Tarom yaitu
kelompok siswa berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang, dan siswa
berkemampuan rendah menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan
pemahaman konsep dan kesalahan operasi yang diakibatkan kesalahan melakukan
analisis terhadap soal yang diberikan
Detail Information
Penulis | |
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017220024 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | FTIK-TMA : IAIN Lhokseumawe., 2021 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
510 Nab a
|