Thesis
PERAN KOMITE MADRASAH TERHADAP MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI MAN 4 ACEH UTARA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskankan peran komite madrasah terhadap
manajemen sarana dan prasarana di MAN 4 Aceh Utara. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peran komite terhadap
manajemen sarana prasarana di MAN 4 Aceh Utara; (2) apa faktor pendukung dan
penghambat peran komite madrasah terhadap manajemen sarana dan prasarana di
MAN 4 Aceh Utara; (3) apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor
penghambat peran komite madrasah terhadap manajemen sarana dan prasarana di
MAN 4 Aceh Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Subjek penelitian adalah ketua komite, kepala madrasah dan wakil kepala
madrasah bidang sarana prasarana MAN 4 Aceh Utara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa. (1) peran komite MAN 4 Aceh Utara masih kurang aktif
dalam manajemen sarana dan prasarana.hal ini terlihat dari (a) sebagai pemberi
pertimbangan, komite hanya berperan dalam hal yang bersifat fisik dan material
seperti pembebasan lahan madrasah. Komite madrasah tidak ikut campur dengan
pengelolaan dana BOS dan penyusunan identifikasi pengadaan sarana dan
prasarana; (b) sebagai pemberi dukungan, peran komite masih kurang maksimal.
Komite berperan hanya sebatas pemberi dukungan dan saran dalam proses
pengadaan sarana dan prasarana dan tidak dilibatkan dalam kepanitiaan. (c)
sebagai pengontrol, komite tidak berperan aktif. Komite tidak ikut mengontrol
penghapusan sarana dan prasarana, hanya menerima laporan penghapusan dari
pihak madrasah saja; (d) komite madrasah sudah berperan aktif sebagai mediator
yaitu menjadi penyalur aspirasi masyarakat dalam rapat. (2) faktor pendukung
peran komite madrasah terhadap manajemen sarana prasarana keaktifan kerjasama
yang baik antara komite dengan pihak madrasah, adanya rasa kekeluargaan dan
persaudaraan yang tinggi dari seluruh warga madrasah dan budaya kerja
organisasi yang kondusif. Adapun faktor penghambat karena tidak berperan
aktifnya beberapa anggota komite dan terbatasnya dana untuk pengadaan sarana
prasarana. (3) upaya untuk mengatasi hambatan tersebut dengan cara komite
bekerjasama dengan pihak madrasah untuk mencari donatur dan mengajukan
proposal bantuan sarana prasarana madrasah, menegur dan menggantikan anggota
komite yang tidak berperan aktif dan memberikan motivasi kepada guru dan siswa
untuk lebih giat belajar memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh madrasah.
Komite madrasah seharusnya lebih berperan aktif terhadap manajemen sarana dan
prasarana dan pihak madrasah juga harus lebih meningkatkan kerjasamanya
dengan komite dan wali murid.
Detail Information
Penulis |
WIWIN HERMAWAN - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 164300265 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.2 Wiw p
|