Thesis
MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI MTsN 2 LHOKSEUMAWE
XMLTuntutan terhadap peran guru, perubahan paradigma pendidikan, penguasaan
media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta tuntutan keberhasilan
pembelajaran telah mengharuskan guru untuk mengelola pembelajaran guna
meningkatkan kompetensi profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen pembelajaran guru bahasa Inggris untuk meningkatkan
kompetensi profesional di MTsN 2 Lhokseumawe. Penelitian ini dilaksanakan
melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik
pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi dan angket.
Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang
kurikulum, guru mata pelajaran bahasa Inggris, guru, wali siswa dan peserta didik
di MTsN 2 Lhokseumawe. Untuk teknik analisa data, meliputi kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Perencanaan pembelajaran dengan berpartisipasi dalam rapat perencanaan
pembelajaran sekolah dan penyusunan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran
melalui penerapan RPP, penggunaan metode dan media pembelajaran, terkait agar
pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, maka para guru
mendapatkan pengawasan tidak hanya dari Kementerian Agama tetapi juga dari
tim supervisi internal yang dibentuk oleh kepala sekolah untuk peningkatan
kompetensi guru, dan pengembangan diri melalui pelatihan. (3) Evaluasi
pembelajaran diberikan oleh guru sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan, yaitu meliputi aspek-aspek dari nilai karakter siswa, kemampuan
memahami konsep/kognitif, dan nilai keterampilan siswa selama proses
pembelajaran. Evaluasi dilakukan setiap selesai satu materi bahasan pelajaran,
baik berupa tes lisan maupun tes tulisan atau penugasan. Dengan demikian,
manajemen pembelajaran guru bahasa Inggris dalam meningkatkan kompetensi
pembelajarannya telah mengikuti aturan yang ditetapkan. Namun pada sisi lain,
penggunaan metode dan media pembelajaran masih belum maksimal dan para
guru pun masih kurang partisipasinya dalam mengikuti berbagai pelatihan yang
diadakan oleh selain Kementerian Agama untuk mengembangkan peningkatan
kompetensi profesionalnya.
Detail Information
Penulis |
RACHMI - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2018530539 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.1 Rac m
|