Thesis
IMPLEMENTASI KURIKULUM MA’HAD ALY BERSTANDAR NASIONAL DI MA’HAD ALY MUDI MESJID RAYA SAMALANGA
XMLPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini meliputi (1) implementasi kurikulum Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga; (2) kendala yang dihadapi dalam proses implementasi kurikulum Ma’had Aly berstandar nasional di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga; (3) solusi dalam menyelesaikan kendala dalam proses implementasi ku¬rikulum Ma’had Aly berstandar nasional Di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan pendekatan pedagogik. Penelitian dilakukan di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga. Subjeknya adalah para pengurus Ma’had Aly dan data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum ke lapan¬gan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan hingga penelitian tuntas. Adapun komponennya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitiannya: (1) implementasi kurikulum Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga diawali dengan perencanaan. Masing-masing pengajar/teungku membuat agenda-agenda harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Pelaksanaan implementasi kurikulum di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dimulai dengan pembukaan, inti, dan penutup. Metode pembelajaran yang diterapkan di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga meliputi metode sorogan, bandongan dan diskusi/bahtsul masail. Evaluasi implementasi kurikulum Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dengan tes tulis, tes lisan, dan tes kepribadian; (2) Kendala yang dihadapi di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dalam implementasi kurikulum: tidak disiplinnya mahasantri, tidak disiplinnya pengajar/teungku, santri yang belum bisa mensyarah kitab dalam Bahasa Indonesia, apalagi dalam Bahasa Arab dan Inggris; (3) Solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan kendala dalam proses implementasi kurikulum Ma’had Aly berstandar nasional di Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya Samalanga dengan cara memperketat absen dan perizinan mahasantri, diberikan surat teguran dua kali dan ketiga kalinya akan dikeluarkan surat pemberhentian tugas, terus dilatih dalam menjelaskan kitab dalam bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris dan mahasantri di tempatkan di mabna lughah yang mewajibkan berbahasa Arab dan Inggris.
Detail Information
Penulis |
SAIFANNUR - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017520351 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-PAI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.35 Sai i
|