Thesis
PENGELOLAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDLB PONDOK GAJAH (Studi Kasus Belajar Huruf Hijaiyyah bagi Anak Tunarungu)
XMLPelajaran Agama Islam dapat mempengaruhi di kehidupan yang lebih baik lagi, seperti
murid SDLB mengerjakan ibadah berupa shalat, puasa, membaca Alquran yang mereka
dapatkan dari cara yang berbeda. Diperlukan rasa ketangguhan seperti, kesabaran dan penuh
kasih sayang. Rumusan masalah bagaimana perencanaan pengelolaan pendidikan Agama Islam
di SDLB Pondok Gajah? bagaimana pelaksanaan pengelolaan pendidikan Agama Islam di SDLB
Pondok Gajah? bagaimana evaluasi pengelolaan pendidikan Agama Islam di SDLB Pondok
Gajah? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
pengelolaan pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SDLB Pondok Gajah.
Metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian
pengelolaan pendidikan Agama Islam di SDLB Pondok Gajah (studi kasus belajar huruf
hijaiyyah bagi anak Tunarunggu) adalah perencanaan tersebut memuat hal-hal berikut; 1)
merancang tujuan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan siswa; 2) merancang program dan
layanan pendidikan baik bersifat khusus maupun umum; 3) merekrut tenaga kependidikan PAI
yang dapat membaca Alquran; 4) merancang materi kurikulum PAI dengan metode
pembelajaran huruf hjaiyyah; 5) merancang struktur pembelajaran huruf hijaiyyah; 6)
merancang sarana dan prasarana pendidikan huruf hijaiyyah; 7) memfokuskan pada pelajaran
huruf hijaiyyah. Pelaksanaan pengelolaan pendidikan pembelajaran Agama Islam di SDLB
Pondok Gajah adalah tim atau tenaga-tenaga ahli yang khusus menangani pada anak jenis
ketunaan yang sengaja dipilih yang handal dan professional dalam hal ketunaan. Pelaksanaan
tersebut dilaksanakan secara individual.Evaluasi diadakan pada enam bulan sekali tepatnya
pada pergantian semester,satu bulan sekali dan pada setiap rapat dewan guru
Detail Information
Penulis |
SITI SARAH - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2017530453 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
2X7.3 Sit p
|