Thesis
KORELASIONAL ANTARA KEMAMPUAN PEDAGOGIK, PROFESIONAL, KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU BAHASA ARAB DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PESANTREN MODERN MISBAHUL ULUM
XMLGuru merupakan subjek dan aktor serta motivator yang sangat dominan dalam pendidikan formal nonformal pesantren modern Misbahul Ulum karena bagi siswa seorang guru adalah sebagai tokoh, panutan dan suri teladan dalam kehidupan sehari-hari di pesantren. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru agar mutu pendidikan menjadi lebih baik adalah dengan meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, seorang guru haruslah memiliki kompetensi dan perilaku yang terukur dan terarah serta memadai untuk mengembangkan siswa dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik secara utuh menyeluruh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada korelasi yang positif antara kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru bahasa Arab dengan hasil belajar siswa pada Pesantren Modern Misbahul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan korelasi antara kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompoetensi sosial guru bahasa Arab dengan hasil belajar siswa pada Pesantren Modern Misbahul Ulum. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto teknik samplingnya dilakukan secara random, pengumpulan datanya menggunakan instrument penelitian, untuk analisis datanya bersifat kuantitatif statistik. Hasil penelitian pada variabel kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dinyatakan secara umum tergolong sedang, yakni 56 siswa atau sebesar 49,1%.Pada variabel kompetensi profesional guru bahasa Arab dinyatakan secara umum tergolong sedang, yakni 78 siswa atau sebesar 68,42%. Pada variabel kompetensi kepribadian guru bahasa Arab umum secara tergolong sedang, yakni 83 siswa atau sebesar 72,80 %. Pada variabel kompetensi sosial guru bahasa Arab umum secara tergolong sedang, yakni 83 siswa atau sebesar 72,80 %. Berdasarkan Uji F atau koefisien regresi secara bersama-sama dilakukan untuk menguji signifikansi korelasi variabel independen terhadap variabel dependent maka dapat dilihat pada nilai signifikan lebih besar dari hasil uji F maka F hitung > F tabel (0,683 > 0,187) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial terhadap hasil belajar siswa.
Detail Information
Penulis |
Ali Sadikin - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 154300161 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2019 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
370.1 Ali k
|