IMPLEMENTASI PROGRAM KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI MAN KOTA LHOKSEUMAWE

Record Detail

Thesis

IMPLEMENTASI PROGRAM KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI MAN KOTA LHOKSEUMAWE

XML

Penelitian ini bertujuan mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
manajemen Kepala Madrasah dalam Implementasi program pembentukan karakter
Islami peserta didik di MAN Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif, maka sumber datanya adalah Kepala madrasah, Guru, dan peserta
didik, serta pihak-pihak lain yang dianggap dapat memberikan jawaban atas masalah
penelitian termasuk pengawas dari dinas terkait. Selain itu dipergunakan pula
dokumen, meliputi dokumen Buku Statistik Madrasah Aliyah Negeri Kota
Lhokseumawe, Visi dan Misi Madrasah Aliyah Negeri Kota Lhokseumawe. Data ini
dipergunakan untuk melengkapi hasil wawancara dan pengamatan terhadap tempat
dan peristiwa. Peneliti memperoleh data melalui observasi antara lain meliputi proses
kegiatan, pengambilan keputusan, rapat-rapat dewan guru, sarana dan prasaran,
sosialisasi dan pengelolaan program, serta proses pengelolaan kelembagaan dan
lain-lain.
Berdasarkan data lapangan dan analisis penelitian, ditemukan fungsi manajemen
Implementasi Program Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Islami
Pesertadidik di Madrasah Aliyah Negeri Kota Lhokseumawe sebagai berikut: 1).
Perencanaan program kepala madrasah dibuat dengan melalui hasil musyawarah
dengan komite madrasah dan dewan guru. Program yang dibuat sesuai dengan
tuntutan kurikulum, visi dan misi madrasah. 2). Pelaksanaan program kepala
madrasah adalah melalui pola pembinaan sebagai bentuk tindak lanjut setelah
pelaksanaan program oleh kepala madrasah terhadap peserta didiknya lebih
didominasi kepada pemberian nasehat dan bimbingan yang membangun terutama
bagi peserta didiknya yang mengalami berbagai macam latar belakang karakter. 3).
Evaluasi program kepala madrasah dilakukan oleh kepala madrasah dan semua
elemen warga madrasah termasuk didalamnya dewan guru, komite, orang tua siswa
dan siswa itu sendiri, ini juga merupakan sebagai proses untuk mengetahui tingkat
keberhasilan yang telah dicapai dari beberapa kegiatan yang direncanakan untuk
mendukung tercapainya tujuan, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka
panjang. Evaluasi jangka pendek dilakukan setiap akhir catur wulan untuk
mengetahui keberhasilan program secarabertahap.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti menyarankan Kepala
madrasah untuk memantapkan diri sendiri agar benar-benar melaksanakan program
dalam pembentukan karakter Islami peserta didik demi untuk peningkatan kualitas
akhlak dan aqidah anak didik dalam berperilaku sesuai yang diajarkan oleh
Rasulullah SAW.


Detail Information

Penulis
ABDUL HADI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 154300181
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
649.7 Abd i

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail