MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGINTEGRASIKAN KURIKULUM NASIONAL DENGAN KURIKULUM DAYAH DI MA JEUMALA AMAL KABUPATEN PIDIE JAYA

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGINTEGRASIKAN KURIKULUM NASIONAL DENGAN KURIKULUM DAYAH DI MA JEUMALA AMAL KABUPATEN PIDIE JAYA

XML

Madrasah Aliyah (MA) Jeumala Amal adalah salah satu lembaga
pendidikan pesantren terpadu yang berawal dari pola pembelajaran selama
24 jam dimana santri belajar sejak bangun tidur hingga tidur kembali, bisa
dikatakan kegiatan belajar mengajar sehari penuh. Kurikulum yang
diterapkan yaitu integrasi kurikulum nasional dengan kurikulum dayah.
Kurikulum ini diterapkan dikarenakan ada sebagian guru yang tidak bisa
masuk di jam pagi atau jam sekolah, maka bisa masuk di jam sore atau di
malam hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kepala sekolah dalam
mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum dayah di MA
Jeumala Amal Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kepala
sekolah dalam mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum
dayah di MA Jeumala Amal kabupaten Pidie Jaya. Jenis penelitian ini
adalah penelitian lapangan (field research) menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data meliputi sumber data
primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi kepala sekolah, waka
kurikulum, waka kesiswaan, guru mata pelajaran dan pengasuh. Sumber
data sekunder meliputi dokumen kurikulum, dokumentasi, dokumen tata
usaha. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1) Perencanaan kepala
sekolah dalam mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum
dayah kegiatan pembelajaran sebagai proses yang berkelanjutan yang
sejalan dengan perkembangan peserta didik yang dilakukan secara
musyawarah dengan pimpinan dan komite agar peserta didik mendapat
pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki setiap peserta didik; 2)
Pelaksanaan kepala sekolah dalam mengintegrasikan kurikulum nasional
dengan kurikulum dayah sudah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan
dengan mata pelajaran-pelajaran pada kurikulum nasional mempunyai
alokasi waktu tertentu dan tidak tumpang tindih dengan kurikulum dayah;
3) Evaluasi yang dilaksanakan untuk menilai efetifitas kurikulum, proses
pengajaran yang dilakukan guru dan tingkat kemajuan belajar peserta
didik serta agar bisa mencari tau faktor yang menjadi penyebab kesulitan
belajar dan menentukan jenis bimbingan yang akan diberikan kepada
peserta didik sehingga jika ada kesulitan, maka guru dapat melakukan
perbaikan untuk meningkatkan prestasi peserta didik. Harapan ke
depannya terus menerus melakukan pembenahan demi terwujudnya
pendidikan integratif tanpa mensampingkan salah satu keilmuan.


Detail Information

Penulis
Nurul Husna - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2017530391
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.2 Nur m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail