Thesis
Peran tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah ibtidaiyah negeri 1 kota lhokseumawe
XMLDalam Meningkatkan Kinerja Guru di MIN 1 Kota Lhokseumawe? Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan: Fungsi, Pendekatan dan Faktor Pendukung dan penghambat tenaga
kependidikan dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Kota Lhokseumawe. Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Adapun teknik pengumpula
data dalam penelitian ini adalah dengan cara: observasi; wawancara; dan studi dokumentasi.
Proses Analisis data dilakukan dengan cara: Reduksi Data, Penyajian Data dan Pengambilan
Kesimpulan. Data yang terkumpulkan dilakukan pemeriksaan keabsahan data dengan
menggunakan Triangulasi Data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Fungsi tenaga kependidikan dalam
meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Kota Lhokseumawe yaitu dalam hal administrasi Madrasah
diantaranya berupa penanganan surat menyurat dan pemberian kebijakan alur dalam hal
administrasi madrasah yang penting bagi keberlangsungan proses pembelajaran yang dilakukan
guru serta penilaian kinerja guru. Tenaga kependidikan Madrasah juga berkewajiban mengatur
administrasi agar berjalan dengan sistematis dan teratur serta memberikan laporan terhadap
pemerintahan serta memberikan kebijakan mengenai surat dan menindak lanjutinya; (2)
Pendekatan yang digunakan tenaga kependidikan dalam membantu kinerja guru di MIN 1 Kota
Lhokseumawe yaitu mendukung semangat kinerja para guru dengan cara membantu administrasi
guru. Tugas tenaga kependidikam meliputi, membantu proses belajar mengajar, urusan kesiswaan,
kepegawaian, peralatan sekolah, urusan infrasturcture sekolah, keuangan, bekerja di laboratorium,
perpustakaan dan hubungan masyarakat sehingga dapat melancarkan segala aktivitas guru dalam
bidang-bidang tertentu. Dengan demikian, semakin baik kinerja pegawai tata usaha maka akan
semakin baik juga mutu layanan administrasinya dalam membantu meningkatkan kinerja guru; dan
(3) Faktor pendukung tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Kota
Lhokseumawe yaitu meningkatkan kemampuan kerja, menjalin kerja sama dengan tim kerja (team
work), memperhatikan lingkungan kerja, memiliki motivasi, dan sarana prasarana yang
mendukung untuk menjalankan kinerja dalam memberikan layanan yang baik. Sedangkan faktor
penghambat tenaga kependidikan dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 1 Kota Lhokseumawe
yaitu antara lain: kurangnya perhatian guru dalam setiap intruksi yang disampaikan oleh tenaga
kependidikan. Kurangnya pemahaman tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru,
Pemanfaatan teknologi dan informasi hanya sebatas penggunaan laptop dan infokus untuk
penyampaian materi di kelas.
Detail Information
Penulis |
ASNITA - Personal Name
|
---|---|
NIP/NIDN/NIM | 2018530538 |
Edition | |
Language |
Indonesia
|
Publisher | S2-MPI : IAIN Lhokseumawe., 2020 |
Edition | |
Subject(s) | |
No Panggil |
371.12 Asn p
|