MANAJEMEN GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN SISWA KELAS 11 DI SMAN 1 MUARA BATU

Record Detail

Thesis

MANAJEMEN GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN SISWA KELAS 11 DI SMAN 1 MUARA BATU

XML

Penelitian ini terdiri dari variabel manajemen guru dan pemahaman keagamaan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Muara Batu karena merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat menonjol dalam menerapkan pendekatan keagamaan pada proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan bernuansa Islami dan terpadu dengan materi sesuai kurikulum nasional. Penelitian ini terdiri dari tiga rumusan masalah, yaitu bagaimana perencanaan guru bahasa Inggris dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa SMAN 1 Muara Batu, bagaimana pelaksanaan guru bahasa Inggris dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa SMAN 1 Muara Batu dan bagaimana evaluasi guru bahasa Inggris dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa SMAN 1 Muara Batu. Penelitian ini menggunakan teori manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan/pelaksanaan, dan pengawasan/pengevaluasian. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif yang menjelaskan masalah yang sedang terjadi dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data secara objektif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan mengamati langsung proses pembelajaran, wawancara dengan mencari informasi kepada kepala sekolah, guru bahasa Inggris, wakil kepala sekolah dan siswa berprestasi serta dokumentasi berupa data-data yang berkaitan dengan manajemen guru. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data dengan cara menyeleksi data, penyajian data dengan cara mengerucutkan atau menspesifikkan data serta penarikan dan verifikasi kesimpulan yang sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (a) Perencanaan guru bahasa Inggris meliputi penetapan sasaran dan tujuan pembelajaran bahasa Inggris, pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris, pemilihan program pembelajaran bahasa Inggris, identifikasi faktor pendukung serta penghambat pembelajaran bahasa Inggris, periodisasi pengembangan pembelajaran bahasa Inggris dan metode pembelajaran bahasa Inggris (b) Pelaksanaan yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris melalui tiga macam pembelajaran yaitu reading, comprehension dan speaking. (c) Evaluasi yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris melalui tiga jenis yaitu penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester.


Detail Information

Penulis
Mira Isma - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2018530521
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-MPI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
371.1 Mir m

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail