PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NURUL ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Record Detail

Thesis

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NURUL ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang
berlangsung di SMK Nurul Islam cenderung hanya menggunakan metode
ceramah dan tradisional. Sehingga siswa jarang berperan aktif saat pembelajaran
sedang berlangsung, siswa hanya menoton dan mendengar tanpa adanya respon
untuk bertanya, adapun pembelajaran di kelas lebih menekan pada materi semata
tanpa menghubungkan materi dengan kehidupan nyata siswa, sehingga nilai-nilai
yang didapatkan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kurang
memuaskan, hal ini terbukti dengan masih banyaknya siswa yang nilai rataratanya di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah
yaitu 80. Adapun salah satu solusi yang sangat alternative dari permasalahan di
atas perlu diterapkan pembelajaran yang dapat mengaitkan antara materi
pembelajaran dengan dunia nyata, maka siswa dapat membuat hubungan antara
pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari mereka.
Pembelajaran Contextual Teaching and Learning merupakan solusinya untuk
mengembangkan potensi peserta didik secara menyeluruh dan dapat membangun
keterkaitan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penulisan Tesis ini adalah: (1) Untuk mengetahui
penerapan Pembelajaran model CTL dapat meningkatkan kemampuan siswa pada
mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Islam; (2) Untuk
mengetahui kelebihan penerapan pembelajaran model CTL pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul Islam; (3) Untuk mengetahui hambatan
pembelajaran CTL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nurul
Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan
Penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini bersifat kualitatif dalam
menghasilkan data verbal secara potensial. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMK Nurul Islam sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian
ditemukan bahwa Pembelajaran CTL pada materi Iman kepada Allah Swt, dapat
meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI SMK
Nurul Islam Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari hasil setiap
siklusnya yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, di mana
pada pra siklus ada 12 siswa (36,36%) yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata
72,42, pada siklus I ada 17 siswa (51,51%) yang dinyatakan tuntas dengan ratarata 79,21, dan pada siklus II ada 28 siswa (84,84%) yang dinyatakan tuntas
dengan rata-rata 86,12 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar dari prasiklus
ke siklus I (79,21-72,42) = 7,16, dan dari siklus I ke siklus II (86,12-79,21) =
6,91. Pencapaian KKM kelas pada siklus II 84,84% lebih besar dari 80%, dari
hasil tersebut maka PTK ini dinyatakan berhasil. Adapun kelebihan model CTL
setelah diterapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna juga dapat
meningkatkan cara berpikir siswa dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan
kehidupan sehari-harinya, sedangkan hambatannya terletak pada kondisi kelas
yang pada umumnya setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda


Detail Information

Penulis
JUNAIDI - Personal Name
NIP/NIDN/NIM 2018520504
Edition
Language
Indonesia
Publisher S2-PAI : IAIN Lhokseumawe.,
Edition
Subject(s)
No Panggil
2X7.3 Jun p

BACA FULLTEX

LOADING LIST...



Information


RECORD DETAIL


Back To Previous  XML Detail